Blusukan, Lutfi Dewan dari Gerindra Gelar Baksos Bagi Penangkal Covid-19

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Setelah ditetapkannya pandemi Covid-19, negara-negara yang telah terjangkit harus melakukan berbagai upaya untuk menghentikannya.

Semua negara termasuk Indonesia tengah meningkatkan mekanisme tanggap darurat corona dan memberitahu para warga negara agar dapat melindungi dirinya sendiri dari virus corona.

Selain itu, para pejabat kesehatan sedang menangani, mengisolasi, menguji  setiap kasus Covid-19.

Menghadapi pandemi Covid-19, Sekretaris Komisi II DPRD Tuban, Lutfi Firmansyah ikut menggelar bakti sosial (baksos) berupa pembagian masker gratis, handsatizer, tempat cuci tangan dan cairan desinfektan.

Kegiatan baksos berlangsung di Desa Parmbontergayang dan Klumpit Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Politisi partai Gerindra itu mengatakan, ada 1000 masker dan 500 handsatizer yang dibagikan ke masyarakat secara cuma-cuma. Tujuannya untuk memberikan edukasi ke masyarakat agar sadar dan serentak memutus mata rantai penyebaran covid-19 dari diri masing-masing.

"Harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga pandemi Covid-19 dapat diminimalisir dari tingkat bawah," terang Lutfi kepada blokTuban.com, Minggu (5/4/2020).

Politisi asli Soko itu berharap, masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan keluarga. Ia berharap bantuan yang sudah dikucurkan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Desa Prambontergayang, Tri Handoko menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada pemdes dan warga. Pihaknya juga berharap pandemi Covid-19 segera menghilang, khususnya di daerah Soko.

"Kami berterimakasih dengan adanya penyemprotan desinfektan dan penambahan alat penangkal corona untuk desa kami. Semoga bermanfaat bagi masyarakat kami," ujarnya.

Data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, per tanggal 4 April 2020, jumlah ODP di Kabupaten Tuban sebanyak 388 dan selesai dipantau 107 orang. Sementara jumlah PDP mencapai 7 orang dan sembuh/negatif 1 orang. [rof/mu]