07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   16:00 . Hingga Bulan April, Dinsos PPPA Catat Ada 11 Kasus Kekerasan Anak   |   15:00 . 128 Napi di Tuban Dapat Remisi Idul Fitri   |   14:00 . 4 Bulan, di Tuban Ada 8 Kasus Kekerasan Perempuan   |   13:00 . 2.245 Warga Tuban Terindikasi Menderita Hipertensi   |   12:00 . Usai Salat Idul Fitri, Warga Lanjutkan Tradisi Ziarah Makam   |   11:00 . Kominda Dihapus, Begini Cara Kesbangpol Ketahui Potensi Konflik   |   10:00 . 892 Warga Tuban Menderita Diabetes, ini Cara yang Dilakukan Dinkes   |   09:00 . Laksanakan Salat Ied Tanpa Jamaah Perempuan, Ibu-Ibu di Rumah Saja   |   08:00 . Open House Bersama Bupati dan Wabup Ditiadakan   |   07:00 . 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran   |   13:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Bengkoang Parengan Masih Diminati   |   12:00 . Atas Arahan Bupati, Takmir Masjid Agung Tuban Tiadakan Salat Id   |   08:00 . Pasien Sembuh Klaster Temboro Terus Bertambah   |   07:00 . 6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri   |  
Mon, 25 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 02 April 2020 13:00

Anggaran untuk Covid-19 Rp 15 Miliar, Ini yang Dilakukan PMII

Anggaran untuk Covid-19 Rp 15 Miliar, Ini yang Dilakukan PMII

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tuban ingin memastikan penggunaan dana penanggulangan dan penanganan Covid-19 tepat sasaran. Caranya, organisasi ini  menyatakan akan terus mengawal penggunaan dana tersebut.

 

‘’Akan kami kawal, agar dana tersebut benar-benar tepat sasaran penggunaannya,’’ ujar M. Chanif Muayyad Ketua Umum (Ketum) PMII Cabang Tuban, Kamis (2/4/2020).

 

Sekadar diketahui, pemkab Tuban mengalokasikan dana penanggulan dan penanganan Cpvid-19 di wilayahnya sebesar Rp 15 miliar. Jika masih kurang, dana tersebut akan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan penanganannya.

 

Pernyataan Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein pada wartawan, dari dana yang tersedia itu, sudah dibelanjakan sekitar Rp 1,5 miliar. Selain untuk kegiatan penyemprotan sejumlah fasilitas umum, dana tersebut juga untuk membantu sembako murah bagi 9.900 orang.

 

‘’Nah itu maksud saya, misalnya sembako itu diperuntukkan siapa dan di mana lokasinya. Masyarakat saat ini sangat sensitif. Pemkab harus menjawab kegalauan masyarakat itu dengan informasi yang terbuka,’’ tambahnya.

 

Alumnus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban ini menjelaskan, kehadiran Covid- 19 membuat rakyat kecil menjerit. Karena itu, PMII, kat dia, berharap pemkab segera memberikan solusi atas kesulitan warga tersebut.

 

Pria asal Jenu itu mengapresiasi kebijakan pemerintah mengenai penerapan social distancing. Sebab, itu adalah keputusan yang sangat tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Akan tetapi, lanjutnya, kebijakan pemerintah ini juga harus ada sisi kemanusiannya.

 

"Kita tahu bahwa mereka para pedagang dan lain sebagainya sangat menggantungkan hidupnya pada keramaian. Mereka semua sudah mulai kehabisan kata-kata menghadapi situasi ini. Di sinilah pemkab harus berperan,’’ harapnya.

 

Kehadiran pemkab, lanjut dia, bisa dengan memberikan sembako murah pada warga, seperti yang sudah dilakukan. Hanya, jumlah dan wilayahnya diperluas, selain itu intensitasnya ditambah.

 

Juga bisa dengan memberikan bantuan modal bantuan tunai untuk memastikan kehidupan tetap berjalan. Sebab, penerapan kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak, tetap tinggal di rumah, bekerja dari rumah dan sejenis mematikan banyak kesempatan meraih nafkah.

’’Ini yang harus dipikirkan. Bagaimana nasib warga yang sudah tak bisa mengais nafkah lagi akibat adanya kebijakan tersebut. Di sana peran pemerintah sangat dibutuhkan,’’ tandasnya.[ali/ono]

 

 

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pmii, pmiituban, awasidanacovid-19



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more