Kabar Baik, Satu PDP Pulang dari RSUD Tuban Negatif Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabar baik disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo, bahwa ada satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya diisolasi di RSUD Dr. R. Koesma Tuban hari ini diperbolehkan pulang, Sabtu (28/3/2020).

Pria sehat berusia lebih dari 50 tahun ini, berasal dari Kecamatan Tambakboyo. Dinyatakan negatif Covid-19 setelah hasil lab keluar.

"PDP Tuban yang berasal dari Tambakboyo sudah keluar hasil lab dinyatakan negatif alhamdulillah bisa pulang dengan kondisi baik," terang dr. Bambang.

Pria asal Tambakboyo ini, sebelumnya berstatus PDP sepulang dari ibadah umroh. Setelah dicek oleh tim kesehatan, yang bersangkutan menunjukkan gejala Covid-19.

Sesuai tahapan, setiap pasien PDP langsung diisolasi di RSUD Koesma. RS di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo ini menjadi rujukan pasien Corona, setelah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat.

Dengan pulangnya satu PDP, di RSUD Koesma masih merawat satu PDP asal Kecamatan Semanding. Yang bersangkutan ini dikabarkan sepekan tinggal di Surabaya (zona merah) mengikuti pelatihan.

"Sepulang dari pelatihan statusnya PDP," imbuh mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini.

Untuk diketahui, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Tuban sebanyak 121 orang. Melonjak drastis setelah banyak pemudik pulang dari zona merah. Dari 121 ODP, sebanyak 68 orang telah selesai masa pemantauan selama 14 hari. [ali/ito]