17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pencegahan Covid-19 di Tuban

Putus Mata Rantai Sebaran Covid-19 dari Desa

bloktuban.com | Thursday, 26 March 2020 10:00

Putus Mata Rantai Sebaran Covid-19 dari Desa

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Tuban terus bertambah. Peta sebaran per 25 Maret 2020, tercatat ada 76 ODP. Ada satu PDP yang dikarantina di RSUD Dr. R. Koesma Tuban.

 

Untuk memutus mata rantai sebaran pandemi Virus Corona (Covid-19), di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu pada Rabu (25/3) malam sudah dibentuk satgas percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

 

"Tujuan dibentuknya satgas ini adalah membantu Pemdes dalam pencegahan dini Covid 19 di tingkat desa," terang Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim kepada blokTuban.com, Kamis (26/3/2020). 

 

Pencegahan yang dimaksud, lanjut alumnus UIN Yogyakarta ini berkaitan dengan sosialisasi, patroli, hingga deteksi dini. 

 

Mulai hari ini tim akan bekerja melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat umum di wilayah Socorejo. Patroli terutama di beberapa titik yang sering terjadi keluar masuk Anak Buah Kapal (ABK) dari jalur tikus.

 

Tak kalah pentingnya yakni, sosialisasi ke masyarakat tentang cara pencegahan covid 19. Terakhir berkoordinasi dengan semua stake holder untuk melakukan deteksi dini terhadap warga Socorejo maupun tamu, yang memiliki resiko tinggi terpapar covid 19.

 

"Semoga program yang baik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," imbuh Kades muda yang membawa desanya terbaik 1 nasional BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019. 

 

Beberapa hari sebelumnya, nelayan, Ketua RN, Kades, dan keamanan Pelsus PT. Semen Indonesia juga mengamankan dua ABK asal Sulawesi Selatan yang turun dari kapal lewat jalur tikus. 

 

Pembinaan sekaligus peringatan langsung diberikan keduanya, untuk tetap berada dia atas kapal. Semua kebutuhan logistik bisa dikomunikasikan dengan agen kapal masing-masing. 

 

"Kita tidak tahu kondisi kesehatan seseorang. Mari kita jaga dari diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan," terangnya. 

 

Kang Arief sapaan akrabnya berpesan, kepada semua warga untuk tetap diam di rumah. Keluar hanya diwaktu yang mendesak. Kebijakan sosial distancing oleh Pemerintah Pusat harus dipatuhi, supaya Indonesia segera terbebas dari pandemi virus ini. [ali/ono]

 

Tag : covid19, corona, putusmatarantai, desa, socorejo, jenu, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more