15:00 . Dua Kotak Amal Wali di Tuban yang Hilang Ditemukan di Lamongan   |   14:00 . Dua Kotak Amal di Makam Sunan Geseng juga Digasak Maling   |   13:00 . Goa Ngerong Ditutup, Begini Aktifitas Warga   |   12:00 . Satgas Covid-19 PKB Beri Bantuan Alat Semprot Disinfektan   |   11:00 . Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling   |   10:00 . Kemenkes Tak Rekomendasikan Bilik Disinfektan di Fasilitas Umum   |   09:00 . Blusukan, Lutfi Dewan dari Gerindra Gelar Baksos Bagi Penangkal Covid-19   |   08:00 . Hujan Disertai Angin, Baleho dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Baru Selesai Belanja, Ini Tips agar Bahan Makanan Keluarga Terhindar dari Corona   |   06:00 . Selamat Jalan, Pak Armin...   |   13:00 . Pemkab Tuban Akan Gunakan DAK untuk Penanggulangan Covid-19   |   12:00 . Alasan Perselisihan, 36 PNS Tuban Ajukan Cerai   |   11:00 . Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Tuban Merambah Online   |   10:00 . Dua Hari Lapas Tuban Bebaskan 33 Napi   |   09:00 . Physical Distancing, Empat Jalan Sekitar Alun-alun Ditutup   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 26 March 2020 10:00

Pencegahan Covid-19 di Tuban

Putus Mata Rantai Sebaran Covid-19 dari Desa

Putus Mata Rantai Sebaran Covid-19 dari Desa

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Tuban terus bertambah. Peta sebaran per 25 Maret 2020, tercatat ada 76 ODP. Ada satu PDP yang dikarantina di RSUD Dr. R. Koesma Tuban.

 

Untuk memutus mata rantai sebaran pandemi Virus Corona (Covid-19), di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu pada Rabu (25/3) malam sudah dibentuk satgas percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

 

"Tujuan dibentuknya satgas ini adalah membantu Pemdes dalam pencegahan dini Covid 19 di tingkat desa," terang Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim kepada blokTuban.com, Kamis (26/3/2020). 

 

Pencegahan yang dimaksud, lanjut alumnus UIN Yogyakarta ini berkaitan dengan sosialisasi, patroli, hingga deteksi dini. 

 

Mulai hari ini tim akan bekerja melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat umum di wilayah Socorejo. Patroli terutama di beberapa titik yang sering terjadi keluar masuk Anak Buah Kapal (ABK) dari jalur tikus.

 

Tak kalah pentingnya yakni, sosialisasi ke masyarakat tentang cara pencegahan covid 19. Terakhir berkoordinasi dengan semua stake holder untuk melakukan deteksi dini terhadap warga Socorejo maupun tamu, yang memiliki resiko tinggi terpapar covid 19.

 

"Semoga program yang baik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," imbuh Kades muda yang membawa desanya terbaik 1 nasional BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019. 

 

Beberapa hari sebelumnya, nelayan, Ketua RN, Kades, dan keamanan Pelsus PT. Semen Indonesia juga mengamankan dua ABK asal Sulawesi Selatan yang turun dari kapal lewat jalur tikus. 

 

Pembinaan sekaligus peringatan langsung diberikan keduanya, untuk tetap berada dia atas kapal. Semua kebutuhan logistik bisa dikomunikasikan dengan agen kapal masing-masing. 

 

"Kita tidak tahu kondisi kesehatan seseorang. Mari kita jaga dari diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan," terangnya. 

 

Kang Arief sapaan akrabnya berpesan, kepada semua warga untuk tetap diam di rumah. Keluar hanya diwaktu yang mendesak. Kebijakan sosial distancing oleh Pemerintah Pusat harus dipatuhi, supaya Indonesia segera terbebas dari pandemi virus ini. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : covid19, corona, putusmatarantai, desa, socorejo, jenu, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more