Harga Empon-empon di Tuban Melejit, Jahe Tembus Rp50 Ribu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Pramuka Kabupaten Tuban beberapa hari ini terus naik. Kenaikan signifikan harga kebutuhan pokok tersebut terjadi pada empon-empon.

Pantauan blokTuban.com, saat ini harga Jahe tembus hingga Rp50 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp30 ribu perkilogramnya.

Sedangkan harga kencur saat ini tembus Rp75 perkilogram dari sebelumnya hanya kisaran Rp60 kilogram.

"Hampir semua jenis empon-empon harganya naik, terutama jahe dan kencur," terang salah satu penjual Nur Minah, Kamis (26/3/2020).

Selain Jahe dan Kencur, lanjut Nur Minah, harga Kunyit dan Laos juga mengalami kenaikan. Harga Kunyit saat ini Rp20 ribu perkilogram dari sebelumnya hanya Rp15 ribu perkilogram.

Kemudian harga laos dari Rp18 perkilogram, sekarang menjadi Rp20 ribu perkilogram. Harga berbagai jenis empon-empon itu naik menyusul adanya informasi terkait wabah Virus Corona atau Covid-19.

"Harga empon-empon naik bukan karena stok, melainkan kebutuhan masyarakat terhadap empon-empon meningkat," tandas pedagang asal Tuban tersebut.

Sementara itu, pedagang lain Mutamimah juga mengatakan hal yang sama, menurutnya harga empon-empon naik karena kebutuhan masyarakat terhadap empon-empon juga meningkat.

"Saat ini stok juga ada. Sedangkan pembeli empon-empon akhir-akhir ini terus meningkat," pungkasnya. [hud/rom]