14:00 . Abrasi Air Laut di Tuban Semakin Parah, 4 Rumah Warga Bancar Rusak   |   10:00 . BLT-DD Diperpanjang Tiga Bulan, ini Nominalnya...   |   09:00 . Masa Pandemi, Jumlah Penderita DBD di Tuban TurunĀ    |   08:00 . Setiajit Cor Jalan Depan Makam Brawijaya V   |   07:00 . 3 Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak yang Harus Dipenuhi   |   21:00 . Dua Kali Tes PCR, 11 Pasien Positif Sembuh   |   20:00 . Sidang Gugatan Pemilihan Pengurus Klenteng, Tergugat Hadirkan Dua Saksi   |   19:00 . Konsultasi Publik Amdal Kilang GRR Libatkan Warga Lima Desa   |   18:00 . Pencuri Kotak Amal, Masukkan Koin Sebelum Dicuri   |   16:00 . BPBD Tuban Beri Bantuan Pada Keluarga Korban Tenggelam   |   15:00 . Cara Pelaku Mengetahui isi Kotak Amal Masjid, Masukkan Koin Sebelum Dicuri   |   14:00 . BPBD Tuban Beri Bantuan pada Keluarga Korban Tenggelam   |   13:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit di Widang   |   12:00 . Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Kotak Amal Musala dan Masjid   |   11:00 . Tak Pakai Masker, 7 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |  
Tue, 07 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 26 March 2020 08:00

Pencegahan Covid-19 di Tuban

13 Desa di Montong Gunakan Dana Desa untuk Cegah Covid-19

13 Desa di Montong Gunakan Dana Desa untuk Cegah Covid-19

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Wabah pandemi virus Corona (Covid-19) hingga saat ini terus mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa, Kamis (26/3/2020). 

 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memastikan Dana Desa dapat dimanfaatkan untuk melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19 di desa jika terjadi eskalasi dampak.

 

"Apa saja yang digunakan disesuaikan dengan tingkat eskalasi yang ada di desa. Artinya Dana Desa bisa dipakai untuk pencegahan sekaligus penanganan COVID-19 di desa," kata Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kemendes PDTT Taufik Madjid dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta pekan lalu dilansir dari antara. 

 

Menyikapi arahan tersebut, hari ini 13 desa di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban bergerak cepat untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini. Pemangku kebijakan di tingkat desa, bakal segera melakukan perubahan anggaran pada DD. 

 

"Jumlah anggaran di tiap desa berbeda. Tergantung geografis dan tingkat keramaian," terang Camat Montong, Suwoto kepada blokTuban.com. 

 

Mantan pejabat Dinas Perhubungan (Dishub) mencontohkan, di Desa Montong Sekar, Jetak, dan Pakel anggaran untuk mencegah Corona bisa mencapai Rp40 juta. Di ketiga desa ini ada pasar tradisional, sehingga butuh perlengkapan lebih dari desa lainnya. 

 

Berbeda dengan Desa Manjung, secara geosgrafis lebih kecil dan tidak memiliki pasar. Diprakirakan anggaran DD yang diserap kurang lebih Rp15 juta. 

 

Forkopimka, seluruh desa, dan stakeholder di Kecamatan Montong, secepat mungkin memberi rasa aman dan menenangkan kepada warga. 

 

Dengan cara penyemprotan disinfektan masal di seluruh fasum, sekolah, ponpes, masjid, mushola, tempat wisata dan lainya yang dianggap perlu.

 

"Tak hanya penyemprotran, setiap desa, intansi, dan fasum juga dipasang alat cuci tangan beserta sabunnya," imbuh mantan Sekcam Jenu ini. 

 

Setelah gerakan masal ini, Suwoto mengajak seluruh warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sering-sering mencuci tangan setelah memegang barang atau orang, makan makanan bergizi, dan membersihkan rumah dan lingkungan, serta tidak keluar rumah bila tidak perlu. 

 

Data dari sekretariat gugus tugas pencegahan Covid-19 Kabupaten Tuban, peta sebaran Corona di Tuban per 25 Maret tercatat 76 ODP, dan satu PDP. Belum terlapor suspect atau positif terpapar virus asal Wuhan Cina ini. 

 

Sedangkan di Jawa Timur, pada 25 Maret 2020 total pasien positif Corona 51 orang, 190 pasien PDP, dan 2.542 ODP. Dari jumlah itu, lima pasien sembuh dan dua meninggal. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : covid19, tuban, montong, pencegahan, danadesa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more