17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |   09:00 . Bawa Tuntutan Ketenagakerjaan, Warga 3 Desa di Tuban Demo PT. Rekind   |   08:00 . Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral   |   17:00 . Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata   |   16:00 . Kasus Kekerasan Perempuan di Tuban Menurun   |   15:00 . Masyarakat Tuban Mulai Sadar Pentingnya Pakai Masker   |   12:00 . Pangdam Brawijaya: Berapa Pun Jumlah Personel Dibutuhkan, TNI Siap   |   09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |  
Thu, 22 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 22 March 2020 07:00

Geger Corona, Ini Tips Atur Keuangan Bagi Pekerja Gaji Tak Tetap

Geger Corona, Ini Tips Atur Keuangan Bagi Pekerja Gaji Tak Tetap

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Virus corona (COVID-19) merebak ke mana-mana hingga Indonesia. Ibu kota negara, DKI Jakarta pun telah menetapkan tanggap darurat bencana non-alam COVID-19. 

Dengan penetapan itu, maka aktivitas seluruh masyarakat dibatasi. Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat tetap berada di dalam rumah agar tidak meningkatkan penyebaran virus yang belum ada vaksinnya ini.

Keputusan tetap di rumah ini akan mengancam keuangan para masyarakat yang bekerja sebagai serabutan alias mendapatkan penghasilan per order. Pasalnya mereka tidak lagi bisa beraktivitas di luar untuk mendapatkan penghasilan.

Perencana keuangan Safir Senduk mengatakan ada beberapa tips agat para masyarakat yang mendapat penghasilan per order tetap bertahan di tengah pandemi corona.

"Jadi sebetulnya kalau orang yang punya simpanan tabungan, profesi apapun, dia tenang-tenang saja, karena bisa ambil uang tabungan kapan pun," kata Safir saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Sebelum masuk ke beberapa tipsnya, Safir juga bilang situasi pandemi corona yang berpotensi lockdown beberapa wilayah di Indonesia pun masih aman bagi masyarakat tak memiliki tabungan namun memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Namun, masalah besar akan dihadapi oleh para masyarakat yang tidak punya tabungan dan mendapatkan penghasilan per order atau serabutan. Menurut Safir, para masyarakat yang berada di kelompok ini harus tetap mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk bayar cicilan.

Oleh karena itu, Safir menyarankan agar masyarakat yang ada di kelompok ini harus memiliki uang cash dalam jumlah banyak, setidaknya mencukupi sampai batas lockdown ditetapkan. Setidaknya ada lima tips bagi masyarakat yang bekerja serabutan dan tidak memiliki tabungan untuk memiliki uang cash, yaitu:

1. Tunda Pengeluaran

Safir menjelaskan, para masyarakat du kelompok ini harus bisa menunda pengeluaran yang sifatnya tidak penting.

2. Prioritaskan Sembako

Menurut Safir, kebutuhan pokok menjadi super prioritas bagi kelompok ini. Sebab, selama lockdown berlangsung maka kebutuhan sehari-harinya mudah terpenuhi.

3. Mencari Barang Pengganti

Safir menjelaskan, mencari barang pengganti berlaku untuk seluruh aspek. Sebagai contoh di aspek makanan, jika suka makan martabak cokelat keju bisa menggantinya dengan membeli roti tawar, keju, dan meses. Lalu membeli bahan makanan untuk mengganti kebiasaan jajan.

4. Jual atau Gadaikam Aset

Untuk memiliki cash yang cukup, menurut Safir tidak ada salahnya menjual atau menggadaikan aset seperti perhiasan yang lama tidak dipakai. Instrumen investasi yang dimiliki pun bisa dijual untuk me dapatkan cash.

5. Coba Berjualan

Dengan mencoba berjualan baik online maupun konvensional, masyarakat yang berada pada kelompok ini bisa mengumpulkan pundi-pundi dari kegiatan berjualan. [lis]

 

Sumber: detik.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Uang, corona, tips



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more