20:00 . Jalan KH. Ahmad Dahlan Tuban Jadi Kawasan Physical Distancing   |   14:00 . Optimis Tangkal Virus, Bangunrejo Semprot Lingkungan Desa   |   13:00 . Nelayan Palang Urung Pergi Miyang   |   12:00 . Kabar Baik, Satu PDP Pulang dari RSUD Tuban Negatif Covid-19   |   11:00 . Kapolres Tuban Sosialisasikan Physical Distancing di Perumahan   |   10:00 . Konsleting Pada Sepeda Motor, SPBU di Merakurak Terbakar   |   09:00 . Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dishub Tutup Sementara Uji Kendaraan Bermotor   |   08:00 . Krisis Masker, Santri Bikin Masker Sendiri   |   07:00 . Mengapa Kebahagiaan Penting dalam Tumbuh Kembang Anak?   |   20:00 . Kerja Gugus Tugas Covid-19 untuk Kemanusiaan   |   20:00 . Pertama di Tuban, Salat Jumat Berjarak 1,2 Meter   |   19:00 . Pertamina Bagikan 10.000 Masker untuk Masyarakat Tuban   |   18:00 . Tangani Pandemi Covid-19, Pemkab Tuban Siapkan APBD Rp15 Miliar   |   17:00 . Ada yang Mudik dari Zona Merah, ODP di Tuban Meningkat   |   16:00 . Warga Kampung Salak Bagikan Jamu Ke Jemaah Jumat   |  
Sun, 29 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 16 March 2020 08:00

Wisata Religi Batasi Kunjungan Peziarah Bersuhu di Atas 38 Derajat Celsius

Wisata Religi Batasi Kunjungan Peziarah Bersuhu di Atas 38 Derajat Celsius

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Semakin bertambahnya jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia tentu mengkhawatirkan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberlakukan berbagai kebijakan, diantaranya membatasi kunjungan peziarah di wisata religi yang dikelola oleh daerah.

Salah satu kebijakan tidak semua peziarah diizinkan masuk di wisata Makam Sunan Bonang yang terletak di belakang Masjid Agung Tuban. Pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang bersuhu tubuh di bawah 38 derajat celsius.

"Untuk peziarah yang bersuhu di atas 38 derajat celsius sementara dilarang masuk. Dan akan diperiksa oleh Dinas Kesehatan (Dinkes)," terang Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein kepada blokTuban.com usai rapat bersama Forkopimda di ruang rapat Setda lantai 1, Senin (16/3/2020).

Wabup dua periode ini menyadari, pengunjung di Makam Sunan Bonang ini lintas daerah. Baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban. Melalui bantuan Dinkes, pengunjung yang dicurigai harus melalui pengukuran suhu tubuh.

Mulai tanggal 17 Maret 2020, tim kesehatan Tuban bakal stand-by di pintu masuk datangnya peziarah. Pemkab sudah memesan alat pengukur suhu tapi habis, dan infonya hanya mendapat dua buah alat.

Dari dua alat tersebut akan dibagi. Apakah di pintu masuk sebelah Masjid Agung, atau di terminal Kebonsari sebagai area parkir bus wisata. Sekarang masih dikoordinasikan apakah setiap turun bus pengunjung diperiksa atau bagaimana.

"Kalau di terminalnya lebih luas areanya karena kernet busnya tidak ikut di sini. Kernet harus dites juga suhu tubuhnya," tegas politisi PKB asal Rengel.

Sebatas diketahui, setiap tahun rata-rata di atas 5,8 juta orang berkunjung di 18 objek wisata. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Suwanto menjelaskan, delapan belas obyek wisata itu meliputi Makam Sunan Bonang, Makam Bejagung Lor, Makam Bejagung Kidul, Makam Asmoroqondi, Museum Kambang Putih, Air Terjun Prataan, Goa Akbar, Goa Ngerong, Pemandian Bektiharjo.

"Di samping itu terdapat pula Pantai Boom, TWT, Pantai Sowan, Air Terjun Nglirip, Tuban Mangrove Center, Pantai Kelapa, Goa Putri Asih, Goa Suci, dan  Pemandian Air Panas Nganget-Kenduruan," pungkasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : corona, covid, tuban, kebijakan pemerintah, wisata



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more