17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |   15:00 . FPKB DPRD Kritik Kebijakan Bupati Pangkas Anggaran KONI   |   14:00 . Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban   |   13:00 . Anggaran KONI Dikepras, FPKB Teriak   |   12:00 . Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako   |   11:00 . Sidak Bansos, Bupati Sorot Kinerja Pendamping, Agen hingga Supplier   |   09:00 . Kapolda Jateng Ajak Warga Pergerakan Jalan Bareng   |  
Sat, 31 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tembus 1.250 CJH, Terbanyak Dalam Sejarah Pemberangkatan Haji Tuban

bloktuban.com | Saturday, 14 March 2020 11:00

Tembus 1.250 CJH, Terbanyak Dalam Sejarah Pemberangkatan Haji Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 900 orang lebih Calon Jamaah Haji (CJH) yang berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji yang digelar oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban (SIG) di Komplek Perumdin Semen Gresik di Tuban. Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi, Sabtu (14/3/2020).

Jadwal kegiatannya diawali pada 11 Maret, yakni acara pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi bagi calon jamaah haji tentang Serba serbi haji oleh KH. Sholahuddin Fatawi, dari Lasem, Jawa Tengah. Berikutnya adalah materi tentang 'Haji Tamattu’ yang disampaikan KH. M. Achmad Ainul Yaqin, dari Kingking, Tuban pada 18 Maret mendatang.

Sesi berikutnya, para CJH akan diberikan materi Thoharoh, sholat jama dan qoshor yang akan disampaikan KH. Jauhari Fahmi, dari Senori, Tuban pada 25 Maret 2020 mendatang.

Pada 01 April 2020 CJH Kabupaten Tuban bakal diberikan materi Hikmah Haji yang bakal disampaikan oleh KH. M. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dari Kragan, Jawa Tengah. Sedangkan yang terakhir para CJH Bumi Wali bakal diajak melakukan praktek Haji Tamattu pada 05 April 2020 mendatang.

GM of Corporate Communication Semen Indonesia, Fardhi Sjahrul Ade menyampaikan, kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke-17 kalinya sejak tahun 2004 lalu. Jumlah pesertannya pun relatif lebih dari 70 persen dari jumlah keseluruhan CJH di Kabupaten Tuban.

Substansi materi dalam kegiatan pemantapan manasik haji ini sangat komprehensif dalam pengajaran terkait fiqih serta aspek-aspek praktis haji. Dalam keikutsertaan kegiatan bimbingan ini peserta tidak dipungut biaya apapun.

"Perusahaan telah menyediakan kosumsi, transportasi untuk antar jemput peserta. Serta tempat dan sarana praktek yang memadai agar kegiatan ini bisa dimaksimalkan hasilnya," ungkapnya.

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu upaya SIG dalam mewujudkan kepedulian dan pemberdayaan untuk masyarakat di Kabupaten Tuban, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini juga bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.
Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nanti.

"Sekaligus menjadikan haji yang mabrur, aamiiin," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Tuban, M. Sahid mengatakan, pada tahun 2020 ini CJH Tuban yang berangkat ke tanah suci sebanyak kurang lebih 1.250 orang. Jumlah jamaah yang berangkat ini merupakan terbanyak dalam sejarah pemberangkatan haji Tuban.

"InsyaAllah Tuban akan berangkat pada kloter awal," terangnya.

Pejabat asal Gresik tersebut juga mengapresiasi SIG yang telah memberikan fasilitas mansik dan bimbingan haji kepada CJH Kabupaten Tuban. Sehingga, hal ini dapat menambah ilmu dan wawasan para CJH sebelum ke tanah suci.
Dan fasilitas di sini ini paling representatif dan paling baik se-Jawa Timur.

"Oleh karena itu para jamaah patut bersukur dan berterima kasih kepada Semen Indonesia," pungkasnya. [ali/rom]

Tag : jamaah haji tuban, haji tuban, semen

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat