22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   18:00 . Harry Susanto Jadi Ketua DPC Gerindra Tuban Gantikan Tri Astuti   |   17:00 . Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Tutupi Akses Jalan Jatirogo-Bulu   |   16:00 . Pemkab Tuban Belum Miliki Data Kemitraan UMKM dan Perusahaan   |   15:00 . Teror Anjing Liar di Tambakboyo, 13 Ekor Kambing Mati Diterkam   |   14:00 . Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi   |   13:00 . Keluarga Sepakat Jenazah Dimakamkan Protokol Covid-19   |   12:00 . Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19   |   08:00 . 7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban   |   07:00 . Penting, Pemberian ASI Sejak Awal Kelahiran Tingkatkan Kekebalan Anak   |  
Wed, 20 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cegah DBD, Ramai-Ramai Tanam Serai dan Tebar Ikan Cupang

bloktuban.com | Friday, 13 March 2020 16:00

Cegah DBD, Ramai-Ramai Tanam Serai dan Tebar Ikan Cupang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menghantui sejumlah daerah di Jawa Timur. Menyikapi ancaman tersebut, warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban pada Jumat (13/3/2020) bersih, ramai-ramai menanam tumbuhan serai di tepi jalan.

Penanaman serai ini dilakukan bersama Ketua RT setempat dan Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim. Serai tertanam rapi di polibag di sepanjang jalan lingkungan yang didanai Dana Desa (DD) tahun 2019.

"Warga rutin gelar kerja bakti dan kali ini bersama-sama tanam serai untuk cegah DBD," terang Kamiyati kepada blokTuban.com.

Selepas tanam serai, lanjut Kamiyati beserta warga lainnya juga menebar ikan Cupang ke bak penampungan air. Tujuannya dua cara ini mengurangi jentik nyamuk di musim penghujan, khususnya di wilayah Socorejo.

Ikan yang dilepas langsung memakan jentik-jentik nyamuk di bak air warga. Selain Cupang, warga juga menebar ikan seadanya dengan tujuan lingkungan terbebas nyamuk.

Selain dua cara ini, warga juga membersihkan selokan dan semak-semak yang dirasa menjadi sarang nyamuk. Pemeliharaan lingkungan ini akan terus dilakukan, supaya enak dipandang.

Antisipasi dini DBD diapresiasi Kades Socorejo, Arief Rahman. Di Dusun Borosoco dan wilayahnya, disyukuri belum ada yang terjangkit demam berdarah. Cuma langkah preventif ini dilakukan untuk menjadikan Borosoco semakin maju, sehat dan sejahtera.

"Kalau melihat angka kematian di Jatim akibat DBD tinggi, maka pencegahan dini harus diutamakan," sambung Kang Arief yang tahun 2019 membawa Socorejo menjadi terbaik 1 BPJS Ketenagakerjaan Nasional.

Kang Arief sapaan petinggi pesisir Tuban ini, juga mengimbau warga melakukan gerakan 3M (menguras, mengubur, dan menutup) wadah yang berpotensi jadi sarang nyamuk.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indarparawansa, mengatakan sebanyak 1.766 kasus DBD tercatat di Jatim hingga awal Maret 2020. 15 penderita di antaranya meninggal dunia. Data ini terupdate pada 10 Maret 2020.

Sementara itu, di Kabupaten Tuban pada bulan Januari ada 7 pasien, Februari 6 pasien dan Maret belum ada laporan pasien DBD ke Dinas Kesehatan.

Di antara upaya menekan penyebaran DBd dengan cara, pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan satu rumah satu jumantik, dan memperkuat fasilitas kesehatan.

Masyarakat diminta memakai obat pembasmi nyamuk, memakai cairan anti nyamuk, atau menabur bubuk abate di sejumlah wadah. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Serai, nyamuk, dbd



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more