Terinspirasi Jepang, Kades Kowang Ubah JLS Bak Kebun Bunga

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Terinspirasi dari Negara Jepang, seorang Kepala Desa di Kecamatan Semanding mengubah Jalan Lingkaran Selatan (JLS) bak kebun bunga.

Beberapa akhir ini sepanjang JLS atau ring road mendadak viral, setelah sederet bunga matahari yang ditanam di lokasi tersebut mulai bermekaran.  Tentunya deretan bunga berwarna kuning tersebut menjadi sport foto baru bagi masyarakat Tuban. Bibit bunga tersebut dibeli dan ditanami langsung oleh Kepala Desa Kowang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

"Pertama kali, saya dan perangkat desa yang menanam langsung di pinggir JLS," ungkap Kepala Desa Kowang, Edi Purnomo, Kamis (12/3/2020).

Ia menjelaskan, ide tersebut terinspirasi dari Negara Jepang yang pernah ia kunjungi beberapa waktu silam.

"Waktu itu pernah kesana, di sana sepanjang jalannya banyak di tanami bunga sehingga saat mekar sangat indah," ungkapnya.

Selain untuk keindahan, tujuan utama agar pengguna jalan tersebut untuk selalu berhati - hati dan dapat menikmati pemandangan bunga yang sedang bermekaran.

"Agar pengguna jalan tidak mengebut, sehingga terhindar dari risiko kecelakaan," harapnya.

Lebih lanjut, ia memilih bunga matahari karena, bibit bunga tersebut harganya sangat terjangkau dan perawatannya sangat mudah.

"Satu karung berat 25 kilogram harganya sekitar Rp300 ribuan dan ini menggunakan uang pribadi saya sendiri," imbuhnya.

Ia berharap, kepada masyarakat yang sedang berkunjung ke JLS untuk ikut membantu menjaga dan jangan merusak atau pun memetiknya. 

"Kami berharap masyarakat juga ikut menjaga dan dapat melestarikannya," tandasnya. [nid/col]