Pedagang: Kebakaran Sama Seperti 21 Tahun yang Lalu



Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Kebakaran yang melanda Pasar Baru Tuban pada Selasa,(3/3/2020) lalu ternyata bukan sekali ini terjadi, hal tersebut pernah terjadi pada 21 tahun yang lalu.

Berdasarkan penuturan pedagang yang ditemui blokTuban.com, kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan kios dan toko di Pasar Baru Tuban rupanya pernah terjadi pada 21 tahun silam.

Salah seorang pedagang bakso, Sri Wahyuni (59) mengatakan, kebakaran yang terjadi pada beberapa hari lalu ini, sama persis seperti yang terjadi pada tahun 1999 silam.

"Kalau dulu itu, hari pertama puasa ramadhan kejadian juga malam hari usai azan magrib,"ungkap Sri Wahyuni. Minggu,(8/3/2020).

Ia menambahkan, kejadian pada 21 tahun lalu juga menghanguskan hampir seluruh kios dan toko yang ada di dalam Pasar Baru Tuban. "Kios saya juga kena pada waktu itu, Alhamdulillah yang kejadian kemarin tidak kena,"ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pedagan lainnya, Warno (54) pedagang bawang mengatakan, kebakaran yang terjadi pada beberapa hari lalu sama seperti 21 tahun dalam hitungan kalender jawa.

"Kejadian kemarin itu Selasa Kliwon, kalau dulu itu Kamis Kliwon. Bulan dalam kalender Jawanya sama,"tuturnya.

Lebih lanjut, dalam insiden kebakaran beberapa hari yang lalu ataupun 21 tahun yang lalu, lapak dagangan sama - sama hangus dilalap si jago merah.
 
"Sama - sama habis nyetok dan malamnya terkena musibah kebakaran, perkiraan total kerugian sekitar Rp 5 jutan,"tandasnya. [nid/ito]