Terbaru! Kebakaran Capai 75 Persen, 463 Kios dan 993 Los Terdampak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebakaran di Pasar Baru Tuban masih menyita perhatian publik. Sejumlah pejabat mulai Bupati, Kapolres, Sekda dan intansi terkait silih berganti meninjau lokasi kebakaran, Rabu (4/3/2020).

Data terbaru Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, bencana kebakaran pasar di Jalan Gajah Mada ini mencapai 70 sampai 75 persen. Didominasi los dan dasaran yang dilahap si jago merah.

"Kios 463 unit dan los 993 unit yang terdampak. Untuk jumlah total pedagang di Pasar Baru hampir 2000 orang," terang Kepala Diskoperindag Tuban, Agus Wijaya kepada blokTuban.com di lokasi.

Bupati Tuban, Fathul Huda akan berkoordinasi dengan semua pihak. Mulai dari Dinas PUPR, PRKP, BPBD, Diskoperindag dan yang lainnya. Komunikasi dengan paguyuban pedagang juga diutamakan, keinginan mereka seperti apa.

"Pemkab hanya memiliki konsep untuk menangani pasca kebakaran ini," sambung disela peninjuan kedua di Pasar Baru.

Bupati juga sempat berbincang dengan pemilik kios yang selamat dari kebakaran. Sembari berharap para terdampak kebakaran untuk bersabar menunggu perbaikan.

Seluruh intansi terkait juga diminta untuk segera rapat, untuk menentukan langkah penanganan. Leading sektor Diskoperindag, dan penanganan juga berkoordinasi dengan kepolisian.

Lebih dari 12 jam, petugas pemadam kebakaran gabungan yang dipimpin BPBD masih keluar masuk membasahi pasar yang memiliki luas bangunan 15.675 meter persegi.

Selain di pintu masuk lokasi pasar, petugas juga memasang garis polisi di tengah pasar. Diduga kuat titik tersebut menjadi sumber api pada Selasa (3/3) sekitar pukul 21.00 Wib. [ali/ono]