20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |   11:00 . Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir   |   10:00 . Razia Warung, Petugas Gabungan Amankan Puluhan Botol Arak dan Anggur Kolesom   |   09:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   08:00 . Margaluyu 151 Merapat ke Setia Negara   |   07:00 . 9 Cara Terbaik untuk Kontrol Kemarahan   |   20:00 . Begini Proses Evakuasi Jenazah Tukang Becak Yang Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tukang Becak Asal Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia Mendadak   |   18:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   17:00 . Pantai Panduri Tasikharjo Dibuka, Pertamina Harapkan Masyarakat Berdaya   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 03 March 2020 07:00

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

Reporter: -

blokTuban.com - Pengaruh cuaca di musim hujan, secara tak langsung ternyata dapat mempengaruhi kesehatan anak. Ya Moms, selain flu, di musim hujan anak biasanya juga rentan terkena gangguan pencernaan. Sebab, di musim hujan biasanya banyak virus atau bakteri yang tercemar melalui udara.
 
Bahayanya, bakteri tersebut ternyata dapat ditemukan di mana saja. Mainan, remot televisi, gadget, dan berbagai barang lainnya yang sering disentuh bahkan dimasukkan ke dalam mulut si kecil. Oleh sebab itu, orang tua perlu melakukan pencegahan agar hal ini tidak mengganggu sistem pencernaan anak.

Bagaimana caranya?

Menurut Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, dr. Frieda Handayani K., SpA (K), diare, gastroenteritis, dan gastritis (maag) menjadi beberapa gangguan pencernaan pada anak yang umum terjadi di musim hujan. Menurutnya, terdapat tiga hal yang dapat orang tua lakukan agar anak tidak terkena masalah tersebut.

Pertama adalah dengan meningkatkan daya tubuh anak dan tentunya diri Anda sendiri, Moms.

"Jadi, kalau ibunya enggak sehat, kurang bersih, anak akan otomatis tertular," kata dr. Frieda ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Kedua, cegahlah agar anak tidak terkena paparan berlebih terhadap udara di luar rumah. Sebaiknya Anda juga menasihati anak agar menghindari berenang di musim hujan, karena akan ada bakteri atau virus yang tersebar di sana.

Ketiga, jangan lupa memastikan anak Anda cukup istirahat sesuai dengan usianya.
 
"Hal ini benar-benar harus dipenuh supaya daya tahan tubuh anaknya baik," ucap dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan tersebut.

Selain 3 poin di atas, dr. Frieda juga menyarankan agar orang tua tetap memberikan asupan nutrisi yang bergizi untuk anaknya. Sebab menurutnya, sekitar 70-80 persen antibodi berada di saluran cerna, sehingga si kecil perlu mendapat makanan sehat dan bergizi, agar antibodi-nya bisa bekerja dengan baik.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more