15:00 . Dua Kotak Amal Wali di Tuban yang Hilang Ditemukan di Lamongan   |   14:00 . Dua Kotak Amal di Makam Sunan Geseng juga Digasak Maling   |   13:00 . Goa Ngerong Ditutup, Begini Aktifitas Warga   |   12:00 . Satgas Covid-19 PKB Beri Bantuan Alat Semprot Disinfektan   |   11:00 . Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling   |   10:00 . Kemenkes Tak Rekomendasikan Bilik Disinfektan di Fasilitas Umum   |   09:00 . Blusukan, Lutfi Dewan dari Gerindra Gelar Baksos Bagi Penangkal Covid-19   |   08:00 . Hujan Disertai Angin, Baleho dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Baru Selesai Belanja, Ini Tips agar Bahan Makanan Keluarga Terhindar dari Corona   |   06:00 . Selamat Jalan, Pak Armin...   |   13:00 . Pemkab Tuban Akan Gunakan DAK untuk Penanggulangan Covid-19   |   12:00 . Alasan Perselisihan, 36 PNS Tuban Ajukan Cerai   |   11:00 . Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Tuban Merambah Online   |   10:00 . Dua Hari Lapas Tuban Bebaskan 33 Napi   |   09:00 . Physical Distancing, Empat Jalan Sekitar Alun-alun Ditutup   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 03 March 2020 13:00

Ternyata RSUD Koesma Tuban Pernah Tangani SARS

Ternyata RSUD Koesma Tuban Pernah Tangani SARS

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - RSUD Dr. R. Koesma Tuban ternyata pernah menangani kasus SARS. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus varian Corona. SARS di dunia medis dikenal lebih mematikan disbanding corona.

 Karena alasan inilah, RS milik pemkab Tuban ini ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit rujukan menangani pasien terinfeksi virus Corona. Selain alas an lain yang mendukung.

 Ada tiga ruangan yang disediakan rumah sakit milik Pemkab ini, dua ruang untuk dewasa dan satu untuk pasien anak-anak. 

Bersama tim dokter penanganan virus Corona, Direktur RSUD Koesma Tuban, Saiful Hadi menjelaskan Tuban menjadi rujukan pasien khususnya di wilayah Barat dan utara Jawa Timur. 

"Kami siap melayani jika memang terdapat pasien terjangkit virus corona di wilayah Pantura dan Bojonegoro, serta daerah perbatasan Jatim-Jateng," terang Dokter Saiful kepada blokTuban.com usai mengecek kesiapan ruang isolasi beserta instalasi alatnya, Selasa (3/3/2020). 

Selain RSUD Koesma Tuban, lanjut mantan Kepala Dinkes rumah sakit lain di Jawa Timur yang ditunjuk sebagai rujukan penyakit yang diakibatkan corona virus ini diantaranya yaitu RS dr. Soetomo, RS Saiful Anwar, RS Soebandi, RS Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Soedono Madiun.

"Penunjukan RSUD dr. R Koesma salah satunya adalah karena faktor geografis, dimana Tuban termasuk perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah," sambungnya.  

Alumnus Unair Surabaya menambahkan penunjukan RSUD dr. Koesma Tuban sebagai rujukan pasien corona karena pernah menangani pasien penyakit SARS yang hampir serupa dengan Corona. 

Beserta jajaran manajemen, Saiful telah siap dengan membentuk tim, yang dalam waktu dekat ini akan menggelar simulasi pengananan pasien yang terjangkit virus corona. 

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang. Masyarakat diharapkan menerapkan pola Perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun, pola makan sehat, kalori cukup, protein cukup, vitamin cukup dengan makan buah-buahan berwarna yang mengandung anti oksidan untuk kekebalan tubuh dan. Sekaligus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

"Bagi masyarakat yang sakit atau mengalami gejala-gejala penyakit kami berharap untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat, atau langsung ke RSUD," tandasnya. [ali/ono]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : rsud, rsudtuban, corona, viruscorona



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more