15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |   12:00 . Ikuti Webinar Bareng AMSI, Juga Live Streaming di Facebook   |   11:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   10:00 . Kasatlantas Polres Tuban Cek Kelengkapan Personel Jelang Operasi Zebra Semeru 2020   |   09:00 . Di Grabagan Distribusi Pupuk Subsidi Terkendala Armada   |   08:00 . Begini Pesan Ketua PBNU Pada Setiajit saat Diterima Sowan   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk   |   17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 02 March 2020 07:00

Kenapa Bayi Baru Lahir Tidur di Siang Hari dan Bangun di Malam Hari?

Kenapa Bayi Baru Lahir Tidur di Siang Hari dan Bangun di Malam Hari?

Reporter: -

blokTuban.com - Kehadiran bayi baru lahir tentunya akan mengubah aktivitas Anda sehari-hari. Misalnya saja, bila Anda biasanya tidur pulas di malam hari, kini setelah kehadiran si kecil, Anda mungkin akan sering terbangun, Moms.

Ya, sebagian besar bayi baru lahir umumnya akan sering tidur di siang hari. Sementara di malam hari, ia akan terjaga. Kenapa begitu, ya?

Dilansir Today Parents, sebenarnya hal ini normal terjadi. Menurut konsultan tidur anak, Alanna McGinn, bayi yang tidur sepanjang siang dan bangun di malam hari dikarenakan ia belum mampu mengembangkan ritme aktivitas istirahat.

“Jam ini mendorong ritme sirkadian dan menciptakan mekanisme internal yang membuatnya lebih terjaga di malam hari dan lebih lelah di siang hari,” jelasnya.

Ritme sirkadian adalah proses biologis yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam berkaitan dengan produksi melatonin. Jadi, jam biologis akan memberi tahu otak untuk memproduksi melatonin di malam hari sehingga kita jadi mengantuk.

Nah Moms, karena si kecil belum memiliki ritme sirkadian ini, tubuhnya belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga membuat pola tidurnya belum teratur. Meski begitu, bayi baru lahir memang butuh jam tidur yang panjang, National Sleep Foundation, merekomendasikan bayi baru lahir untuk tidur 14-17 jam per hari.

Lebih lanjut, dokter anak di St. John's, Nfld., Kanada, Leigh Anne Newhook berujar bahwa selama 6 sampai 8 minggu pertama kehidupannya, bayi memang akan mengalami gangguan jam tidur. Pemberian makan jadi faktor utamanya karena ukuran perut bayi baru lahir masih sangat kecil sehingga merasa cepat lapar. Selain itu, setelah diberi ASI, si kecil biasanya juga akan mengantuk.

Tidak bisa dipungkiri, karena jam tidur bayi yang berlawanan dengan jam tidur Anda, lambat laun tubuh Anda pun bisa lelah karena kurang tidur. Karenanya McGinn menyarankan agar bayi diajak bermain di siang hari, sementara di malam hari, buatlah suasana menjadi gelap dan tenang.

"Biarkan bayi Anda terpapar sinar matahari dan kebisingan di siang hari, bahkan saat dia tidur. Di malam hari, matikan lampu dan jaga tetap tenang, ”katanya.

Meski begitu, membuat pola tidur bayi bisa normal tak bisa instan, Moms. Ingat, bayi juga butuh waktu untuk mengatur jam tidurnya. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk ikut bayi tidur di siang hari agar Anda bisa beristirahat.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more