Program Sahabat Pertamina Gelar Semiloka

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com - Program Sahabat Pertamina, kemitraan antara Kampus Ungu STIKes ICsada Bojonegoro dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field terus memberi manfaat untuk masyarakat sekitar. Kali ini giliran tiga desa di wilayah Kabupaten Tuban mendapatkan seminar dan lokakarya (Semiloka).

Bertempat di Andrawina Aston Bojonegoro City Hotel, Kamis (27/2/2020) kemarin, mengambil tema "Cegah Stunting Ciptakan Generasi Sehat Indonesia Unggul". Peserta dari 3 desa di sekitar wilayah Pertamina EP Asset 4, yaitu kader Desa Rahayu, Kebonagung dan Bulurejo.

Selain kader, 30 peserta lebih juga melibatkan bidan, perawat desa, perwakilan PKK, pelaksana gizi dari Puskesmas Rengel dan Soko, Kabupaten Tuban.

Kegiatan dibuka oleh perwakilan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Endah Yuliana dan Ketua Yayasan Dharma Cendekia Bojonegoro, Nurul Jariyatin, SH, MKn.

Seminar dan Lokakarya dipandu moderator dari Alumni STIKes ICsada Bojonegoro, Fatimatuzzahro, S.Kep, Ns, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Tuban, Lulut Purwanto, DCN dan dari RSUD Dr. R. Koesma Tuban, Melinda Anevi, S.tr.Gz.

Peserta mengikuti serangkaian kegiatan sampai selesai dengan semangat. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua untuk mencegah stunting, semoga kegiatan ini akan terus ada dan berkelanjutan," kata Bidan Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Bu Wid.

Selain mendapatkan materi, peserta juga sangat bahagia, terhibur saat saling bersaing menampilkan yel-yel terbaik tentang stunting. "Kita sangat berterimakasih dengan kegiatan dari Pertamina EP yang bekerjasama dengan STIKes ICsada Bojonegoro. Dari kegiatan ini kita semua bisa lebih mengerti apa itu stunting, penyebab dan juga cara penanganan stunting," tambah Kader Kesehatan dari Desa Kebonagung, Yantik.

Tidak sekadar mendengarkan materi, peserta juga dibimbing dan diarahkan membuat rencana aksi di desa masing-masing untuk di terapkan setelah mengikuti kegiatan.

Terpisah, tenaga ahli Program Sahabat Pertamina yang juga Ketua Yayasan Dharma Cendekia Bojonegoro, Nurul Jariyatin, SH, MKn berharap, program yang diselenggarakan berkat dukungan Pertamina EP asset 4 Sukowati Field ini dapat semakin meningkatkan semangat juang para kader, bidan dan perawat desa dalam membantu pemerintah menyelesaikan masalah stunting.

"Yakni melalui upaya pencegahan yang didukung oleh semua pihak dan sejak dari tingkat keluarga," pungkasnya. [ito/mu]