20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |   11:00 . Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir   |   10:00 . Razia Warung, Petugas Gabungan Amankan Puluhan Botol Arak dan Anggur Kolesom   |   09:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   08:00 . Margaluyu 151 Merapat ke Setia Negara   |   07:00 . 9 Cara Terbaik untuk Kontrol Kemarahan   |   20:00 . Begini Proses Evakuasi Jenazah Tukang Becak Yang Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tukang Becak Asal Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia Mendadak   |   18:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   17:00 . Pantai Panduri Tasikharjo Dibuka, Pertamina Harapkan Masyarakat Berdaya   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 26 February 2020 07:00

Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?

Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?

Reporter: -

blokTuban.com - Ketika anak pilek, sebagian besar orang tua umumnya melarang si kecil mengonsumsi minuman dingin atau minum es. Ya, kebanyakan ibu beranggapan, minum es dapat membuat pilek pada anak menjadi parah. Namun, benarkah hal itu?

Moms, Anda sebaiknya jangan langsung percaya dengan pernyataan itu.

Pilek dan demam merupakan gejala paling umum saat anak flu. Flu sendiri disebabkan karena adanya virus. Selain itu, mengutip laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, pilek juga bisa terjadi akibat alergi, udara dingin, konsumsi makanan pedas, maupun virus lain yang bisa menginfeksi hidung dan tenggorokan anak.

Oleh sebab itu, menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Arifianto, SpA, minum es bukanlah penyebab anak pilek, Moms. Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa dr. Apin itu menjelaskan, saat anak pilek karena flu, maka ia membutuhkan asupan cairan yang cukup. Jadi, tak ada salahnya orang tua memberikan asupan cairan dengan minum es.

"Bagus dong, justru menghindari dehidrasi. Demam kan meningkatkan risiko dehidrasi," kata dr. Apin dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya @dokterapin beberapa waktu lalu.

Beberapa orang tua juga percaya, minum es bisa menyebabkan radang tenggorokan pada anak. Padahal pernyataan itu juga tidak benar, Moms. Selama si kecil tidak menunjukkan gejala-gejala tidak nyaman saat minum es, maka Anda boleh memberikannya.

Dokter yang praktik di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, ini kembali menegaskan bahwa penyebab anak pilek umumnya berasal dari infeksi atau virus.

Namun sebaliknya, jika anak memiliki riwayat asma setelah minum es atau mengonsumsi makanan dingin, dr. Apin menyarankan agar orang tua tidak memberikannya. Sebab, hal itu dikhawatirkan bisa menimbulkan serangan asma.

"Hindari minum es kalau anak terus batuk-batuk dan bersin, meler. Tapi kasus seperti ini tentunya bukan mayoritas. Jadi, buatlah anak yang sakit menjadi nyaman," tutup dr. Apin.

Nah Moms, yang terpenting, saat anak pilek akibat flu ataupun infeksi, berikanlah asupan makanan yang bergizi dan pastikan tubuhnya cukup istirahat agar si kecil dapat segera pulih.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more