15:00 . Desa Rahayu Terima Paket Bantuan dari Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field   |   12:00 . Penundaan Pilkada, KPU Tuban Masih Tunggu Surat Resmi   |   11:00 . Pemkab Tuban Lakukan Penyemprotan di Jalan Protokol   |   10:00 . Protokol Isolasi Mandiri   |   09:00 . Diisukan Positif Corona, Dokter RSNU Tuban Baru PDP   |   08:00 . Diduga Terpleset Saat Cari Ikan, Pemuda Ini Ditemukan Meninggal di Sungai   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   18:00 . Fauzan Fuadi Menilai Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati   |   17:00 . Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   16:00 . Kurang Konsentrasi, Pengendara Motor Terjebur Ke Dalam Sungai   |   14:00 . 60 Persen Pendonor Absen, Stok Darah Trombosit di PMI Kosong   |   13:00 . Gerindra Berikan Masker dan Hand Sanitizer untuk RSUD Koesma   |   12:00 . Cegah Penyebaran Corona, Pemdes dan Warga Kebomlati Gotong Royong Semprot Fasum   |   11:00 . Terapkan Physical Ditancing, Perpustakaan Tutup Layanan   |   08:00 . Tanggapi Cuitan Guru Honorer, Dispendik Harap Sabar dan Pengertian   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 26 February 2020 16:00

5 Desa Terdampak Kilang Tuban Diusulkan Motor Sampah

5 Desa Terdampak Kilang Tuban Diusulkan Motor Sampah

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Lima desa terdampak Kilang Tuban di Kecamatan Jenu utamanya Desa Wadung, Sumurgeneng, Mentoso, Rawasan dan Kaliuntu tahun ini diusulkan mendapatkan motor sampah, Rabu (26/2/2020).

Program hibah tersebut diupayakan Camat Jenu, M. Maftuchin Riza saat menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan tukar menukar tanah dan bangunan antara Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pertamina di Ruang Rapat Rimbawan gedung Manggala Wanabakti KLHK.

Hasil rapat tersebut tanah dan bangunan di Kabupaten Tuban, akan diganti tanah dan bangunan di 64 titik pada lembaga di bawah naungan KLHK. Mulai kawasan kantor, lokasi pembibitan, kantor perwakilan, hingga rumah dinas.

"Sesuai permintaan Pemerintah Desa, minimal satu motor sampah di tiap desa," terang Camat Riza kepada blokTuban.com.

Motor sampah, lanjut mantan Camat Bangilan itu memiliki peran penting dalam mengurangi jumlah sampah di sekitar proyek kilang minyak. Secara periodik, masyarakat secara bersama-sama diajak mandiri untuk mengelola sampahnya melalui bank sampah.

Kendati fokus di tiga desa tersebut, pihaknya tetap mencoba mengupayakan desa lainnya mendapat hibah. Bisa berupa program motor sampah, atau program lain yang sangat dibutuhkan oleh warga.

Secara geografis Kabupaten Tuban memiliki panjang pantai 65 Kilometer, membentang mulai dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo hingga Bancar. Di sepanjang bibir pantai Utara Pulau Jawa, sampah datang silih berganti meski sudah dibersihkan berkali-kali.

Sampah di pesisir bisa bersumber dari darat dan bisa juga dari laut. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan menjelaskan, kebetulan bentuk pantai Tuban ini kan seperti kantong atau teluk, sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat berkumpulnya sampah dari laut.

Sampai tahun 2019 ada kurang lebih 81 bank sampah yang terdaftar dan sudah terwadahi dalam Forum Bank Sampah Tuban (FBST).

Tempat sampah sudah disediakan Pemkab, dan respon masyarakat terhadap keberadaan drop box sampah popok ini cukup baik dan antusias. "Keterangan petugas drop box sampah popok ini memang masih ada sebagian kecil yang masih tidak mau membuang di drop box yang sudah disediakan," tandas Bambang. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kilang, tuban, desa, terdampak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more