16:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Bagikan Alat Penagkal Covid-19   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Memberikan Alat Protokol Kesehatan   |   13:00 . Desa Harus Siap Karantina Pemudik   |   12:00 . Kehilangan Pekerjaan Diganti Sembako Murah   |   11:00 . Anggota DPRD Bantu Tekan Penyebaran Corona   |   10:00 . Korbankan Bahan Tas dan Kaos untuk Masker   |   09:00 . Peduli Disabilitas, Tri Astuti Serahkan Bantuan Masker dan Sembako Ke Markas ORBIT   |   08:00 . Rambah Pelosok Desa, Setiajit Tangkal Covid-19   |   07:00 . 5 Alasan Kenapa Perhatian Laki-laki Berkurang Setelah Jadian   |   15:00 . Dua Kotak Amal Wali di Tuban yang Hilang Ditemukan di Lamongan   |   14:00 . Dua Kotak Amal di Makam Sunan Geseng juga Digasak Maling   |   13:00 . Goa Ngerong Ditutup, Begini Aktifitas Warga   |   12:00 . Satgas Covid-19 PKB Beri Bantuan Alat Semprot Disinfektan   |   11:00 . Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling   |   10:00 . Kemenkes Tak Rekomendasikan Bilik Disinfektan di Fasilitas Umum   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 25 February 2020 13:00

Khofifah Tekankan Dana Desa Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan

Khofifah Tekankan Dana Desa Fokus Pada Pengentasan Kemiskinan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menekankan agar Dana Desa (DD) digunakan pada kegiatan yang berfokus pada pengentasan kemiskinan. Hal tersebut diungkapkan saat menutup Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2020, Selasa (25/02/2020) di Jatim Expo Surabaya.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim mengungkapkan program Dana Desa dapat diwujudkan melalui kegiatan produktif yang mampu menyerap tenaga kerja. Juga pada program kegiatan pemberdayaan masyarakat agar mampu menyejahterakan masyarakat.

"Salah satunya melalui program Padat Karya Tunai Desa," terang Gubernur Jatim.

Dengan meningkatnya Dana Desa tahun anggaran 2020 di Jawa Timur yang mencapai 7,654 triliun, Khofifah menargetkan seluruh desa harus terbebas dari kategori desa tertinggal. Oleh karena itu, perlu langkah-langkah percepatan yang signifikan.

Di samping itu, pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan terus memaksimalkan potensi daerah masing-masing untuk menunjang upaya percepatan pengentasan kemiskinan di Jawa Timur. "Kita harus bekerja keras, kerja cerdas, cepat, dan tepat serta ikhlas. Agar penurunan kemiskinan dapat lebih cepat lagi," tandasnya.

Gubernur menegaskan perlunya peningkatan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk mempercepat laju pengentasan kemiskinan. Penguatan pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling ampuh untuk mendongkrak IPM. "Kepala Desa dapatnya memotivasi warganya agar mengenyam pendidikan lebih tinggi lagi," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengajak seluruh Kepala Daerah, Pimpinan OPD dan Kepala Desa untuk lebih intens blusukan (turun lapangan). Sehingga perkembangan berbagai program pembangunan dapat terpantau secara riil dan berkelanjutan. Serta mampu menjalin kedekatan dengan masyarakat agar bisa mendengar aspirasi mereka.

Mantan Menteri Sosial RI ini juga berpesan agar seluruh warga Jawa Timur berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah, diantaranya Sensus Penduduk 2020 baik secara online maupun wawancara. Sensus Penduduk akan menghasilkan data terpadu yang menjadi dasar penetapan program pembangunan pemerintah.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut mengambil bagian dalam pembangunan di Jawa Timur. Disamping itu saya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, kepala desa dan seluruh elemen masyarakat yang ikut menyukseskan pembangunan Jawa Timur," imbuhnya.

Sebatas diketahui, hadir pada kegiatan ini Inspektur Jenderal Kemendagri RI, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Kepala Kejaksaan Tinggi Surabaya, serta Pimpinan OPD Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, hadir juga Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Sekretaris Daerah, Inspektur Inspektorat dari 34 Kabupaten/Kota, Kepala Kejari Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban,  Inspektur Inspektorat Kabupaten Tuban serta Camat dan Kepala Desa se-Jawa Timur ikut hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.[hud/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : gubernur, jatim, khofifah, dana, desa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more