18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 23 February 2020 07:00

Serangan Jantung Tiba-Tiba Kerap Tidak Diketahui Penderita

Serangan Jantung Tiba-Tiba Kerap Tidak Diketahui Penderita

Reporter: --

blokTuban.com - Serangan jantung masih menjadi penyakit yang paling mematikan di Dunia. Serangan jantung laiknya di film-film akan ditandai dengan sakit pada area dada dengan tangan meraih dada seolah manahan sakit tersebut.

Namun Bagaimana dengan serangan jantung diam atau dikenal dengan silent myocardial infarction (SMI). Para ahli menyebutkan, serangan jantung diam dapat terjadi kapan saja bahkan saat tertidur lalu tersentak bangun.

Menurut Ahli Jantung dan Direktur Medis Kardiologi Non Invasif dan Rehabilitasi Jantung di Memorial Care Heart dan Vascular Institute di Oranye Coast Medical Center di Fountain Valley California, Robert Greenfield, serangan jantung diam adalah ketika seseorang tidak mengalami kerusakan jantung sehingga tidak ada gejala klasik yang mengharuskan dia ke UGD.

"Seringkali kita hanya mengetahui bahwa itu terjadi setelah serangan jantung kedua, yang muncul setelah dilakukan tes," ujar Robert dilansir dari prevention.com, Sabtu (22/2).

Sedangkan menurut Ahli Jantung di Ronald Reagan Medical Center UCLA, Olujimi Ajijola, serangan jantung diam juga dikaitkan dengan faktor risiko. Misalnya memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok, tingkat stres tinggi, narkotika, dan riwayat keluarga atau gen. Berikut ini, beberapa tanda serangan jantung diam yang perlu diwaspadai : 

1. Tiba-tiba kehabisan nafas

Menurut ahli jantung di NYU Langone Health di New York, Adriana Quinones-Camacho, MD mengayakan jantung dan paru-paru bekerja bersama untuk memastikan darah memiliki oksigen yang cukup setiap saat. Sehingga ketika ada yang salah dalam sistem kardiovaskular,  maka biasanya akan langsung memoengaruhi pernapasan.

Misalnya tiba-tiba merasa lelah meskipun hanya berjalan di dalam ruangan atau bahkan tidak bisa bergerak sama sakali. Beberapa orang mengira hanya serangan panik namun jika tidak dapat mengatur ulang napas dengan mencoba menarik napas dalam-dalam maka harus segera melakukan pemeriksaan jantung. 

2. Jantung berdetak kencang

Menurut ahli jantung, Dr Ajijola, ketika ada masalah, jantung akan segera mencoba untuk memperbaikinya, dan itu berarti jantung akan memompa lebih cepat. 

3. Lemah dan lelah datang dengan cepat

Menuru Greenfield, pada saat kondisi lemah dan kelelahan yang sangat, banyak orang merasa sulit bahkan untuk berdiri atau berjalan pada saat itu. Hal ini karena mereka merasakan gelombang kelelahan yang hebat. 

4. Merasa mual atau mengalami gangguan pencernaan

Area lain dari tubuh yang dianggap jantung tidak penting ketika ada masalah adalah sistem pencernaan Anda. Ketika ada lebih sedikit darah yang mengandung oksigen masuk ke aliran darah dan itu dapat menyebabkan mual, gangguan pencernaan, dan kram perut yang mendadak. 

Menurut Dr Greenfield, ini bisa disalahartikan sebagai mulas karena mungkin mereka merasa sesak dan terbakar di dada, mirip dengan reaksi refluks asam.

5. Pandangan tampak buram

Masalah sirkulasi dapat menghentikan aliran darah yang mengandung oksigen mencapai otak. Ketika itu terjadi, mungkin akan merasakan pusing, bingung, linglung, atau mengalami kesulitan ingatan jangka pendek.

6. Merasa kurang sehat atau stres

Gejala yang paling sering menyebabkan serangan jantung diam adalah dimulai dri kelelahan fisik, merasa stres, kehabisa  nafas, dibebani setumpuk pekerjaan, sedikit merasa mulas, dan ketika itu disertai dengan detak jantung yang kencang atau kelelahan yang luar biasa itu bisa menjadi gejala serangan jantung diam. [lis]

Sumber: republika.co.id

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Sakit, jantung, serangan, ashraf



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more