12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 20 February 2020 14:00

Teknologi Digital Nozzle Pertamina Berikan Kepastian Konsumen di SPBU

Teknologi Digital Nozzle Pertamina Berikan Kepastian Konsumen di SPBU

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari dalam kunjungan kerjanya di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT. Pertamina Tuban juga mendorong masyarakat di Kabupaten Tuban ikut berpartisipasi dalam pengawasan jual beli BBM subsidi jenis Premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pada pertengahan 2019 lalu, di Ngajuk polisi mengamankan dua mobil pengangkut BBM karena dinilai melanggar aturan dalam pembelian bahan bakar di SPBU. Di Probolinggo pada Januari 2020 juga terjadi hal demikian.

"Bisa dilaporkan ke pihak berwajib jika mengetahui pembelian BBM Premium subsidi dengan model tangki modifikasi," terang Ratna kepada blokTuban.com, Kamis (20/2/2020).

Pembelian BBM subsidi yang melebihi kapasitas tangki kendaraan tergolong penimbunan, dan bisa dipidanakan. Komisi VII juga merekomendasikan ke Pertamina, untuk mengevaluasi ijin SPBU yang masih melayani pembelian semacam itu.

Di wilayah Jawa, modifikasi tangki kendaran sangat mencolok dan mudah diketahui. Berbeda dengan di luar Jawa, sehingga konsen pengawasan Komisi VII lebih besar di wilayah tersebut.

TBBM Tuban sebagai terminal BBM terbesar kedua dari sisi kapasitas di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, bertugas menyalurkan BBM ke SPBU wilayah Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Rembang, Gresik, dan Cepu. Sekaligus menopang cadangan untuk Indonesia Timur, diantaranya Makassar, Wamena, Kupang, dan Bau-bau.

"Distribusi ke SPBU ini diantisipasi digitalisasi nozzle yang merupakan teknologi baru diinisiasi Pertamina. Apakah yang diberikan TBBM yang subsidi sudah tepat atau ada penyalahgunaan," tegas Ratna.

Adapun pengawasan langsung ke SPBU wewenang BPH Migas, selaku pemilik fungsi pengawas distribusi BBM khususnya subdisi.

Pertamina sendiri menargetkan digitalisasi nozzle bisa selesai pertengahan tahun ini. Dilansir dari situs resmi Pertamina, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid mengatakan dari total lebih dari 5.000 SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar 3.000 sudah terlaksana.

"Sisanya akan dikebut hingga 2020 ini," sambungnya.

Melalui digitalisasi SPBU, penyaluran BBM dari tiap nozzle atau selang SPBU dapat tercatat secara akurat dan mendekati waktu faktual. Sehingga konsumen mendapat manfaat peningkatan kepastian takaran.

Pertamina juga dapat meningkatkan pengawasan atas penyaluran BBM. Sistem ini terintegrasi secara nasional hinga dapat dimonitor di pusat. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pertamina, tbbm, tuban, spbu, ratna juwita



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more