19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gandeng Dinkes, Lapas Tuban Ingin Tingkatkan Status Klinik Lapas

bloktuban.com | Monday, 17 February 2020 17:00

Gandeng Dinkes, Lapas Tuban Ingin Tingkatkan Status Klinik Lapas



Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tuban Siswarno bersama Kasi Binadik Subiyanto mengunjungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut dalam rangka bersilaturahmi dan akan menjalin kerjasama.

Pada kesempatan itu, Siswarno berharap program-program kerjasama dengan Dinas Kesehatan di tahun lalu bisa ditingkatkan dalam bentuk pelayanan kesehatan terhadap warga binaan.

“Perlu ditingkatkan di pelayanan terutama kerjasama tenaga medis, pemeriksaan secara berkala, maupun pemenuhan obat-obatan,” ujar Siswarno, Senin (17/2/2020).

Dia juga mengatakan ingin meningkatkan status klinik Lapas tuban yang saat ini hanya diisi oleh tenaga medis non PNS. Menurutnya peningkatan tersebut semacam posko kesehatan dari dinas kesehatan Tuban perpanjangan dari Puskesmas Kota Tuban.

“Saat ini klinik kita belum memenuhi kriteria karena tidak tersedia dokter, maka diupayakan legalitas tersebut diupayakan semacam posko kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Binadik Lapas Tuban, Subiyanto menambahkan Lapas Tuban juga akan mengandeng Dinas Kesehatan untuk membuat dapur Lapas sebagai dapur yang memiliki sertifikat laik hygiene. Hal itu sebagai dasar dari Surat Edaran Dirjen PAS jika Dapur Lapas harus memiliki sertifikat laik hygiene.

“Kita berharap petugas kita akan diadakan Diklat mengenai dapur laik hygiene, sehingga membuat dapur menjadi higynies,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Bambang Priyo berharap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bisa dijalankan di Lapas Tuban.

Adapun PHBS dan Germas meliputi: aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Harapannya dengan begitu semua penyakit menular bisa diatasi yg ada di Lapas, khususnya penyakit HIV karena merupakan daerah sasaran utama program," pungkasnya.[hud/ito]

Tag : klinik, dinses, lapas, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more