20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |   11:00 . Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir   |   10:00 . Razia Warung, Petugas Gabungan Amankan Puluhan Botol Arak dan Anggur Kolesom   |   09:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   08:00 . Margaluyu 151 Merapat ke Setia Negara   |   07:00 . 9 Cara Terbaik untuk Kontrol Kemarahan   |   20:00 . Begini Proses Evakuasi Jenazah Tukang Becak Yang Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tukang Becak Asal Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia Mendadak   |   18:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   17:00 . Pantai Panduri Tasikharjo Dibuka, Pertamina Harapkan Masyarakat Berdaya   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 15 February 2020 08:00

Komisi II DPRD Tuban: 29 Karyawan Swabina akan Dipekerjakan Kembali

Komisi II DPRD Tuban: 29 Karyawan Swabina akan Dipekerjakan Kembali

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - 29 pekerja Swabina Gatra dengan status karyawan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) akan dipekerjakan kembali. Sebelumnya, mereka diberhentikan dan mengadakan unjuk rasa pada 4 Februari lalu.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Tuban, Lutfi Firmansyah kepada blokTuban.com, pasca hearing bersama pihak serikat pekerja FSPMI, Swabina Gatra dan
Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban di Ruang Komisi II pada Jum'at (15/2/2020) siang.

"Setelah kita lakukan hearing, menghasilkan dua keputusan. Perusahaan berjanji akan mempekerjakan kembali 29 pekerja yang terkena pemecatan sepihak oleh PT. Swabina Gatra dan akan aktif kembali bekerja pada tanggal 1 Maret 2020," beber Lutfi, kepada wartawan blokTuban.com, tadi malam.

Baca Berita Sebelumnya: Diduga 29 Pekerja Jadi Korban PHK Sepihak, PT Swabina Gatra Didemo

Sementara itu, pihak Swabina Gatra, Cahyadi, ketika dikonfirmasi membenarkan jika 29 karyawan PKWT tersebut akan dipekerjakan kembali. Upaya tersebut dilakukan dengan pertimbangan kondusifitas lingkungan industri di Bumi Wali.

"Betul, dengan mempertimbangkan kondusifitas lingkungan industri di Kabupaten Tuban, tanggung jawab sosial dan dalam rangka pembinaan masyarakat ring 1 khususnya, mereka akan kita pekerjakan kembali," jelas Cahyadi.

Dengan dipekerjakannya kembali, 29 pekerja tersebut diharapkan bisa bekerja lebih disiplin. Pihaknya juga berharap mereka tidak hanya mengedepankan tututan saja, namun lebih mengutamakan kewajiban.

"Harapannya, pegawai tersebut bisa bekerja lebih disiplin lagi. Tidak hanya mengedepankan tuntutan saja tetapi juga harus melaksanakan kewajiban sebaik mungkin," imbuhnya.

Saat ditanya perihal soal pemberhentian 29 pekerja tersebut, Cahyadi menjelentrehkan, memang kontrak mereka telah berakhir. Pihaknya dengan tegas mengatakan mereka bukan dipecat di tengah jalan.

"Penyebabnya kontrak berakhir bukan dipecat di tengah jalan. Karen status mereka PKWT bukan pegawai tetap. Begitu kontrak berakhir perusahaan boleh mengakihirinya. Adapun mereka minta dipekerjakan kembali itu hak mereka," ulasnya panjang lebar.

Komisi II DPRD Tuban juga berharap setelah adanya keputusan bersama peserta hearing mampu diterima dengan baik. Pihaknya mengimbau peristiwa semacam itu tidak terulang kembali dan iklim perindustrian di Tuban berjalan dengan baik.

"Semoga apa yang sudah menjadi keputusan bersama ini mampu diterima dengan baik oleh serikat pekerja dan kejadian seperti ini tidak terulang kembali di kemudian hari. Kami berharap Jangan ada perusahaan yang arogansi terhadap karyawan. Perusahaan dan karyawan harus simbiosis mutualisme. sama-sama saling membutuhkan," pungkas Lutfi. [rof/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pekerja, pkwt



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more