Tahun ini, 22 Desa Ajukan Pamsimas

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Upaya peningkatan mutu Sumber Daya Alam terus diniatkan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Indikasi itu bisa dilihat dari 22 desa yang ada di Kabupaten Tuban tahun ini telah mendaftarkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian, Sumber Daya Alam, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Tuban, Eryan Dewi Fatmawati disela agenda Musrenbang Kecamatan Rengel. Pihaknya memperkirakan bahwa 22 desa yang sudah diajukan tersebut, bakal dibangun pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

"Pengajuan 22 desa Pamsimas, Juni sudah pembangunan," ungkap Eryan Dewi ketika dijumpai blokTuban.com di area Kantor Kecamatan Rengel, Rabu (12/2/2020).

Dijelaskan lagi, program sharing antara APBD dan pusat ini memiliki regulasi pembagian pada implementasi desa. Yang mana 20% ditanggung  desa dan masyarakat, sedangkan 80% fisik sarana prasarana disediakan oleh pemerintah.

"Nilai 20% tadi, 14% tenaga swadaya oleh masyarakat, 6% dari Dana Desa," tukasnya.

Adapun syarat pengajuan desa untuk program Pamsimas cukup mudah. Hanya satu, yakni desa memiliki kandungan air. Jika ketersediaan air sudah ada dan bisa mengalir, dipastikan sudah bisa mengajukan. [feb/ito]