13:00 . Antisipasi Covid-19, Desa Gununganyar Terapkan Physical Distancing   |   12:00 . Nelayan Ojek Laut Semprot Disinfektan Mandiri   |   11:00 . Ada Lima PDP di Tuban, Salah Satunya Anggota DPRD   |   10:00 . Pertamina EP Asset 4 Sosialisasikan Protokoler Covid 19   |   09:00 . Relawan Setiajit Bersama Warga Gotong Royong Lawan Covid-19   |   08:00 . Tolak Balak: Tasyakuran Bubur Merah Putih Ala Desa Mojoagung   |   07:00 . Ini Cara Perkuat Imunitas Tubuh Saat Pandemi Corona   |   20:00 . Jalan KH. Ahmad Dahlan Tuban Jadi Kawasan Physical Distancing   |   14:00 . Optimis Tangkal Virus, Bangunrejo Semprot Lingkungan Desa   |   13:00 . Nelayan Palang Urung Pergi Miyang   |   12:00 . Kabar Baik, Satu PDP Pulang dari RSUD Tuban Negatif Covid-19   |   11:00 . Kapolres Tuban Sosialisasikan Physical Distancing di Perumahan   |   10:00 . Konsleting Pada Sepeda Motor, SPBU di Merakurak Terbakar   |   09:00 . Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dishub Tutup Sementara Uji Kendaraan Bermotor   |   08:00 . Krisis Masker, Santri Bikin Masker Sendiri   |  
Mon, 30 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 11 February 2020 08:00

Setiajit Kembangkan Koperasi di Tuban

Setiajit Kembangkan Koperasi di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit getol membantun koperasi. Sebab, koperasi adalah adalah salah satu soko guru perekonomian masyarakat.

 

Karena itu, koperasi yang ada di kalangan masyarakat bisa membantu mengangkat perekonomian masyarakat. Dengan modal dari masyarakat dan dikelola sendiri oleh masyarakat, hasil dan manfaatnya akan sangat terasa dan bisa dinikmati masyarakat.

 

Bukan hanya mendirikan, karena Setiajit juga sekaligus memberikan bantuan modal awal untuk koperasi.  Hal itu sudah dilakukan Setiajit di beberapa tempat. Di antaranya adalah mendirikan koperasi perempuan di Desa Montong Sekar. Saat itu, pertemuan digelar di kompleks wisata Sendang Kalangan.

 

‘’Saya bantu modal awal Rp 5 juta untuk koperasi ibu-ibu,‘’ ujar Setiajit.

 

Koperasi perempuan lain yang juga didirikan lagi di Desa Talangkembar. Semula, sekitar seratusan ibu-ibu yang berkumpul ditanya apakah sudah punya koperasi belum. Para ibu menjawab serempak jika belum punya koperasi.

 

Maka, saat itu pula dilakukan pemilihan pengurus. Ketua, sekretaris dan bendahara koperasi yang diberi nama Koperasi Perempuan Montong Sekar itu dipilih. Pengurus inti koperasi dibentuk agar dana bantuan Rp 5 juta yang diberikan Setiajit bisa dikelola.

 

‘’Modal awal Rp 5 juta itu pancingan. Karena kalau koperasi ka nada simpanan pokok atau wajib anggota. Saya ingin koperasi berkembang dan maju,’’ kata pejabat asal Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak tersebut.

 

Jika koperasinya sudah ada, seperti yang ada di Dukuh Sepat Rojo, Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, maka Setiajit terus mendorong agar koperasi lebih maju. Setiajit juta membantu tambahan modal Rp 5 juta.

 

‘’Intinya adalah, pemberdayaan ekonomi melalui warga harus terus dikembangkan. Saya melihat koperasi ini penting untuk dikembangkan. Ibu-ibu bisa mengelola koperasi, sedangkan bapaknya bisa konsentrasi pada kegiatan perekonomian lainnya,’’ tandas pria yang pernah menjadi Plt Bupati Jombang ini.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ekonomi, koperasi, setiajit, esdmjati, bupatituban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more