13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |   07:00 . Ikuti 3 Tips Ini untuk Mengusir Mood Kamu yang Buruk   |   19:00 . Tumpukan Tongkol Jagung di Dekat Pemukiman Warga Terbakar   |   18:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati   |   17:00 . Permudah Akses Energi ke Pelosok, Pertashop Hadir Tingkatkan Ekonomi Desa   |   16:00 . Kekeringan, Dua Desa di Montong Didroping Air Bersih   |   15:30 . Masterplan Transportasi Tuban Dilelang   |   15:00 . Perawat Terpapar Corona, Puskesmas Plumpang Ditutup   |   14:00 . Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Palang Rusak   |   13:00 . Hujan Lebat, Sebuah Pohon Tumbang   |  
Fri, 18 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 09 February 2020 12:00

Cegah Virus Corona, Pengusaha Karaoke hingga Hotel di Tuban Diberi Surat Edaran

Cegah Virus Corona, Pengusaha Karaoke hingga Hotel di Tuban Diberi Surat Edaran



Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lurah Ronggomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Zaenal Arifin menerbitkan surat edaran bernomor 660/17/414.416.07/2020 perihal himbauan pencegahan adanya virus Corona pada 3 Februari 2020.

Surat tersebut ditujukan kepada pengusaha bidang pariwisata di wilayah Ronggomulyo. Mencakup pengelola objek wisata, hiburan karaoke, hotel dan rumah makan.

"SE ini menindaklanjuti surat Camat Tuban tertanggal 30 Januari 2020 Nomor 566/81/414.416/2020 dengan perihal yang sama," tutur Lurah Ronggomulyo dalam SE yang diterima blokTuban.com, Minggu (9/2/2020).

Zaenal menegaskan, ada tiga poin yang harus dilakukan oleh pengusaha bidang pariwisata. Mulai mengadakan koordinasi/komunikasi dengan puskesmas terdekat untuk memohon di masing-masing tempat usaha diadakan langkah pencegahan terhadap wabah virus asal Wuhan Cina tersebut.

Poin dua, membuat banner peringatan dini adanya informasi virus Corona. Sekaligus cara penanggulangannya dengan bimbingan Dinas Kesehatan melalui puskesmas terdekat.

"Poin terakhir, segera melaporkan jika ditemukan gejala virus Corona pada pengunjung," imbuhnya.

Menindaklanjuti adanya kasus pneumonia berat atau virus corona yang bermula di kota Wuhan, Tiongkok yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCOV), Ikatan Dokter Indoensia (IDI) mengeluarkan siaran pers resminya tertanggal 24 Januari 2020 silam.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. Daeng M Faqih menjelaskan gejala penyakit pneumonia berat mirip dengan pneumonia pada umumnya seperti demam, lemas, batuk kering dan sesak atau kesulitan bernafas.

Hal ini perlu diwaspadai oleh orang dengan usia lanjut dan juga balita. Pada orang dengan lanjut usia atau memiliki penyakit penyerta lain, memiliki risiko lebih tinggi untuk memperberat kondisi.

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik, namun tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

Beberapa gaya hidup sehat yang harus ditingkatkan seperti menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi public.

Hindari mengusap mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan, menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika meiliki gejala saluran napas. Istirahat bila sedang sakit dan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo mengungkapkan himbauan tentang bahaya penyakit pneumonia berat atau virus corona ini sudah disebarkan keseluruh fasilitas kesehatan baik swasta maupun pemerintah.

“Hal ini untuk mengantisipasi jika kemungkinan didapatkan pasien dengan ciri-ciri penyakit tersebut," tandasnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : virus, corona, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more