12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 08 February 2020 10:00

Pertamina Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-anak Tuban

Pertamina Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-anak Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Mengambil tema “Gigi Sehat Kualitas Sumber Daya Manusia Meningkat”, Pertamina bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Jawa Timur, mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gigi dan mulut untuk siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Tuban.

Acara dilaksanakan di Lapangan PT TPPI (Trans Pacific Petrochemical Indonesia) pada Sabtu (8/2/2020) ini. Acara dihadiri oleh Bupati Tuban, Fathul Huda, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein, Dinkes Provinsi Jatim, dan Yulian Dekri President Director & CEO TPPI.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Gigi kepada 1000 Anak SD/MI, Sikat Gigi Masal 1000 Anak SD/MI, dan Penambalan Gigi dengan ART (Atraumatic Restorative Treatment) dengan target 500 Anak SD/MI di Kabupaten Tuban.

Seperti diketahui, penyakit gigi dan mulut masih menjadi masalah di Indonesia. Data hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 menunjukkan, terdapat 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah kesehatan gigi, dan hanya 10,2% yang telah mendapat pelayanan dari tenaga medis.

Disamping itu hasil riset yang sama juga menunjukkan 94,7% anak usia di atas tiga tahun sudah menyikat gigi, namun hanya 2,8% yang menyikat gigi dengan benar.

Di sisi lain, mulut merupakan jendela kesehatan bagi manusia, karena sebagai jalur masuk asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Fungsi mulut dan gigi tidak dapat dipisahkan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan, sebab dapat mencerminkan atau memberikan tanda adanya penyakit  di bagian lain dari tubuh.

Sebagai contoh, penyakit gusi dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak memiliki hubungan dengan penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit jantung dan pernafasan.

Selain kegiatan terkait kesehatan gigi dan mulut, dalam bakti sosial ini juga dilakukan Operasi Bibir Sumbing kepada 20 pasien dari masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Operasi tersebut dilaksanakan di RS Nahdlatul Ulama Tuban.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74, Hari Jadi Kabupaten Tuban serta Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019. Selain Pertamina, kegiatan ini juga didukung oleh PT TPPI (Trans Pacific Petrochemical Indonesia).

Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menjelaskan, program Kesehatan merupakan salah satu pilar dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Selain Kesehatan, pilar CSR Pertamina lainnya adalah Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rustam menambahkan, bahwa selain menjalankan tugas utama untuk melayani kebutuhan energi, Pertamina selalu melaksanakan program-program sosial yang memberikan dampak positif, khususnya untuk masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi  anak-anak, khususnya di Tuban, untuk  lebih peduli kepada kesehatan gigi dan mulut sejak dini, agar mempunyai senyum sehat dan cemerlang," ujarnya.

Bupati Tuban meminta kegiatan ini diviralkan, karena peduli dengan gigi sama halnya menjauhi penyakit. Setiap makanan yang masuk ke mulut akan dikunyah oleh gigi, maka jika tidak dirawat tentu akan merugikan pemiliknya.

"Merawat gigi sangat penting. Misal jika ibu hamil giginya sakit akan berdampak pada bayinya," sambung Bupati dua periode ini.

Ketua panitia PDGI Jawa Timur, Yahya mengaku rutin menggelar acara seperti ini di berbagai kabupaten. Tujuannya untuk mengajak semua orang khususnya anak untuk peduli giginya.

"Hari ini kita juga ajarkan cara gosok gigi yang benar. Dan waktu paling efektif sikat gigi bukan waktu mandi tapi sesudah makan," tutupnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pertamina, pertamina mor v, kesehatan gigi, gigi anak, kesehatan anak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more