10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 06 February 2020 17:00

Pilkada Tuban 2020

Setiajit Bagikan Pembasmi Hama di Dua Kecamatan

Setiajit Bagikan Pembasmi Hama di Dua Kecamatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Kedatangan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pemerintah Provinsi Jawa Timur Setiajit ke Dukuh Krajan, Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan disambut hangat.

 

Bahkan, warga mendoakan pejabat asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak itu menjadi Bupati Tuban. Doa itu disampaikan karena para petani sangat senang, sebab kedatangan Setiajit dengan membawa bantuan obat pembasmi hama.

 

Sebab, sudah beberapa bulan ini para petani dipusingkan dengan banyaknya hama yang menyerang tanaman padi mereka.

 

Yang pertama adalah hama tikus yang mulai menyerang sejak sekitar Agustus 2019 lalu. Lalu datang hama sundep atau kaper sebulan terakhir.

 

‘’Saya sangat senang Pak Setiajit datang dengan membantu obat pembasmi hama,’’ ujar Munir (60) salah satu petani Kamis (6/2/2020) sore.

 

Munir punya sawah sekitar 1,5 hektare. Dia menyebutnya dua bahu, setiap bahu sekitar 720 meter persegi luasnya. Dia mengaku kewalahan dengan hama yang menyerang lahan pertaniannya.

 

Untuk membasmi hama, dia menyemprot dengan menggunakan pestisida. Untuk sekali semprot dia butuh sedikitnya dua botol pestisida yang dia beli di toko pertanian. Satu botol pestisida paling murah Rp 150 ribu harganya.

 

‘’Jadi, sekali nyemprot butuh paling sedikit Rp 300 ribu,’’ ungkapnya.

 

Padahal, sejak tanam sampai usia padinya 40 hari, dia sudah empat kali menyemprot. Pemberian pertisida masih mungkin dilakukan jika kondisi tanamannya tak kunjung membaik.

 

‘’Karena, kalau kurang bagus hasilnya saya semprot lagi, begitu terus,’’ katanya.

 

Keluhan inilah yang dijawab Setiajit. Bukan hanya di Kecamatan Singgahan saja, karena petani di Kecamatan Bangilan juga mengeluhkan hal serupa.

 

Sore, usai lepas dinas, Setiajit mendatangi langsung para petani di sawahnya. Setiajit datang dengan membawa bantuan berupa obat pembasmi hama. Mulai obat hama sundep sampai obat tikus. Bahkan, bantuan ditambah dengan rumah burung hantu.

 

Burung hantu memang predator atau pembasmi hama tikus yang alami. Rumah burung hantu yang dipasang di sawah akan didiami burung pemakan tikus itu.

 

Sehingga, areal sawah petani aman dari gangguan tikus. Setiajit ikut menggotong dan memasang rumah burung hantu tersebut bersama dengan warga.

 

‘’Saya berharap bantuan kecil yang saya berikan ini bermanfaat. Tidak tega rasanya mendapat keluhan seperti itu. Karena saya bisa, maka saya membantu,’’ harap pejabat asli Kecamatan Merakurak, Tuban ini.

 

Bantuan diberikan pada para petani di Desa Kedungjambe dan Margosari Kecamatan Singgahan dan Desa Sambonglombok  Kecamatan Bangilan.

 

Sebelumnya, bantuan obat pembasmi hama juga diberikan pada para petani di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek dan Desa Cendoro Kecamatan Palang.

 

‘’Saya ingin kehadiran saya di tengah masyarakat membawa manfaat,’’ kata Setiajit.

 

Sekadar diketahui, Setiajit bakal mencalonkan diri menjadi bupati Tuban. Untuk itu, seluruh partai yang membuka penjaringan bakal calon dia ikuti. Setiajit mendaftar melalui PDIP, Gerindra dan  Nasdem.

 

Juga menjalin komunikasi dengan partai pemilik kursi di DPRD Tuban yang tergabung dalam Poros Perubahan. Jalinan komunikasi dengan partai-partai lain juga terus dilakukan. Harapannya Setiajit maju dengan banyak partai sebagai wujud dari tagline ‘Tuban Milik Bersama.’[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : setiajit, bagiobat, pilkada, bantupetani, obathama



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more