15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |   12:00 . Ikuti Webinar Bareng AMSI, Juga Live Streaming di Facebook   |   11:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   10:00 . Kasatlantas Polres Tuban Cek Kelengkapan Personel Jelang Operasi Zebra Semeru 2020   |   09:00 . Di Grabagan Distribusi Pupuk Subsidi Terkendala Armada   |   08:00 . Begini Pesan Ketua PBNU Pada Setiajit saat Diterima Sowan   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk   |   17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 05 February 2020 10:00

Rapat Koordinasi Kilang Tuban, Dishub Rekomendasi Perluas Kajian Andalalin

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban telah melakukan rapat koordinasi terbatas bersama PT. Pertamina, terkait aktifitas Kilang New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban pada 4 Februari 2020 kemarin.

Hadir pula Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Fahmi Fikroni, Camat Jenu, M. Maftuchin Riza, dan perwakilan kepala desa setempat.

Ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Dishub Tuban, Muji Slamet mengatakan, koordinasi ini akan rutin dilakukan untuk mendukung progres kegiatan kilang.

Saat ini di lokasi telah ada aktifitas mobilisasi 250 truk per hari di proyek restorasi/pemulihan garis pantai yang dikerjakan oleh cucu Pertamina PT. Pbas.

"Salah satu rekomendasi kami Pertamina memperluas kajian Andalalinnya," tutur Muji Slamet, Rabu (5/2/2020).

Pertamina sendiri telah memiliki Andalalin sebelumnya. Dulu andalalinnya hanya tingkat kabupaten, karena lokasinya memang berbatasan dengan jalan kabupaten.

Berjalannya waktu karena aktifitasnya ternyata berdampak signifikan terhadap jalan nasional, maka Dishub merekomendasikan untuk membuat Andalalin dengan jalan Nasional juga.

Sehari sebelumnya, Komisi 1 DPRD melakukan sidak ke lokasi proyek kilang. Problem di lapangan yang ditemukan yaitu, pembangunan pagar yang ujungnya mengarah ke jalan desa, dan Pertamina telah mengorder PT. Pbas untuk membongkar dan mengarahkan ke arah lahan KLHK.

Temuan kedua, tingginya aktifitas kendaraan di proyek restorasi berdampak pada jalan desa. Dewan merekomendasikan PT. Pbas maupun Pertamina untuk membangun jalan baru. Jika tidak, ketika armada truk melewati jalan desa mereka mau membenahi sebagai pengguna jalan.

Steven dari PT. Pbas sebelum komisi 1 Sidak telah melayangkan surat ke Dishub. Terkait akses jalan dan lainnya sedang diproses koordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub), dan juga PUPR mengenai aturan yang berlaku terkait kewajiban dan lainnya selaku pengguna jalan.

Sementara Kadek Ambara Jaya, Project Coordinator NGRR Tuban, mengatakan Pbas sudah diorder untuk mengubah posisi bagian atas pagar menghadap kearah dalam. Untuk jalan juga PT.Pbas akan segera memperbaikinya.

Sebenarnya PT Pbas meminta Pertamina minta agar menjalin kerjasama dengan pihak desa, dan juga warga dalam pemeliharaan jalan. Tujuannya agar warga mendapatkan masukan juga dari kegiatan ini.

Intinya bagaimana partisipasi warga dari semua lapisan merasakan manfaat proyek Kilang Tuban. Terutama yang terdampak itu inti dari kegiatan ini.

"Bisa saja kami bangun jalan sementara lewat lahan KLHK, namun warga tidak bisa terlibat dalam kegiatan pemeliharaan dan pembersihan jalan," tutup Kadek. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Dishub, kilang, migas



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more