123 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka Zona II

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah 123 peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, sore ini mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Halaman Koramil 0811/05 Rengel.

Jumlah peserta tersebut terdiri dari 5 kecamatan, yang termasuk dalam seleksi zona II yakni Kecamatan Widang, Plumpang, Rengel, Soko, dan Kecamatan Grabagan.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Samsuri yang juga hadir di tengah seleksi Paskibraka Zona II mengungkapkan, Paskibraka tahun 2020 sekarang ini teknisnya diubah pada masing-masing zona untuk turun ke bawah.

Dibuatlah dari 1 kabupaten yang terdiri dari 20 kecamatan, menjadi 4 zonasi. Zonasi pertama, telah dilakukan di SMA Negeri  3 Tuban. Dengan cakupan wilayah Palang, Tuban, dan Semanding. Sedang zona II hari ini ada Widang, Plumpang, Rengel, Soko, dan Grabagan.

"Dari jumlah peserta yang ikut hari ini, ada 123 peseta dari 30 lembaga di zona II," ungkap Samsuri kepada blokTuban.com, Rabu (5/2/2020).

Selanjutnya, peserta yang telah diseleksi nantinya bakal dikerucutkan pada masing-masing zona. Kemudian diambil 20 peserta, untuk kemudian diikutkan tes di tingkat kabupaten.

"Kita harus bisa mengambil, mendapat, memperoleh potensi Paskibraka wilayah untuk mewakili di tingkat Kabupaten, bahkan Provinsi, dan target kita sampai tingkat Nasional. Seperti tahun kemarin yang sampai tingkat asional," pungkasnya berharap. [feb/col]