Total 25 Peserta Ikuti Tes Petugas Haji Sistem CAT

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Sebanyak 25 orang mengikuti ujian seleksi petugas Haji tahun 2020 dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) berlokasi di Aula Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Selasa (04/02/2020). 

Kegiatan tersebut, turut disaksikan oleh Kepala Kemenag Tuban, Pengawas dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kasi Haji dan umroh dan Kasi Pendidikan Madrasah. 

Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, kepada seluruh peserta supaya mengerjakan soal dengan teliti dan seksama, karena waktu mengerjakan soal tidak terlalu lama. Selain itu, dalam tes ini meliputi 4 komponen yakni pengetahuan umum, regulasi perhajian yang baru, pengetahuan manasik haji dan pengetahuan bidang tugas yang diikuti. 

"Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya," papar Kepala Kemenag Tuban, Sahid.  

Sahid menambahkan, tes ini dilaksanakan dengan cara yang sangat transparan sehingga akan diperoleh petugas yang profesional, yang mempunyai prinsip melayani ja
jemaah dan semua peserta mempunyai kesempatan yang sama.

"Sekaligus untuk meminimalisir kecurangan saat tes," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum mengatakan, dari 26 peserta yang mendaftar ada satu peserta yang tidak lulus seleksi administrasi. Sehingga total keseluruhan yang mengikuti ujian berjumlah 25 orang,  yang terbagi atas 8 TPIHI, 10 orang TPHI dan 7 orang PPIH Arab Saudi. 

"Dengan rincian untuk layanan akomodasi 2 orang, layanan transportasi 2 orang, layanan konsumsi 2 orang dan layanan bimbingan ibadah 1 orang," tandasnya.

Sekadar informasi,  penyerahan hasil seleksi tingkat kabupaten ke Kanwil Provinsi pada tanggal, 5 sampai 7 Februari 2020. Sedangkan, pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi tahap kedua di Kanwil Provinsi pada tanggal,10 Februari 2020. 

Untuk seleksi tahap II Berupa Tes Kompetensi Online/CAT dan wawancara di Kanwil Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal, 13 Februari 2020 dan pengumuman hasil seleksi tahap kedua pada tanggal 18 Februari 2020 mendatang. [nid/col]