19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sengatannya Mematikan, Koloni Tawon Vespa Dibakar

bloktuban.com | Monday, 03 February 2020 14:00

Sengatannya Mematikan, Koloni Tawon Vespa Dibakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Satu lagi koloni tawon atau lebah vespa affies di musnahkan dengan cara dibakar oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Senin (3/2/2020).

Koloni tawon tersebut berada di halaman belakang rumah Mukasim, warga Desa Gununganyar, Kecamatan Soko. Pertama kali dilaporkan ke petugas oleh Kadus Randupagir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Yudi Irwanto dalam laporannya mengatakan, pemusnahan koloni ini dilakukan bersama-sama oleh tim BPBD pos Rengel, relawan, dan warga setempat.

"Perangkat desa pun juga ikut mengevakuasi sarang tawon," tutur Yudi.

Dilansir dari laman resmi Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI), tawon vespa berbeda dengan lebah yang menghasilkan madu.

Tawon vespa merupakan predator yang memangsa larva serangga lain. Tawon vespa juga memiliki kemampuan untuk menyuntikkan ranunnya ke manusia.

Tawon ini bisa dikenali dari coraknya di tubuhnya yang bergelang hitam-kuning atau hitam-oranye. Bagi orang yang memiliki alergi terhadap racun tawon beresiko mengalami hiperalergi yang berlanjut pada anafilaksis (alergi berat) jika tersengat dan tidak ditangani dalam waktu 24 jam.

Alergi biasa akan ditandai dengan timbulnya bengkak pada area sengatan. Alergi ringan dapat diatasi dengan cara mengompres bengkak dengan menggunakan kompres dingin.

Sementara untuk anafilaksis yang diakibatkan oleh sengatan tawon, memerlukan penanganan dokter. Karena racun tawon vespa dapat menyebabkan gagal ginjal dan edema paru akut jika selama beberapa hari tidak ditangani.

Orang yang mengalami anafilaksis setelah tersengat tawon akan mengalami beberapa gejala. Berikut gejala anafilaksis tersebut yang dikutip dari Healthline: 

- Kesulitan bernafas
- Pembengkakan parah pada wajah, tenggorokan, atau bibir
- Mual, muntah, diare, atau kram perut
- Gatal-gatal di bagian tubuh selain area sengatan
- Detak jantung yang cepat
- Penurunan tekanan darah atau denyut nadi secara tiba-tiba
- Pusing dan kehilangan kesadaran
- Kesulitan menelan
- Gangguan kecemasan dan kebingungan.

Jika gejala-gejala tersebut muncul setelah mengalami sengatan lebah, sebaiknya segera mencari pertolongan dokter. [ali/ ito]

Tag : tawon, vespa, tuban, bpbd, soko



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more