Sengatannya Mematikan, Koloni Tawon Vespa Dibakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Satu lagi koloni tawon atau lebah vespa affies di musnahkan dengan cara dibakar oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Senin (3/2/2020).

Koloni tawon tersebut berada di halaman belakang rumah Mukasim, warga Desa Gununganyar, Kecamatan Soko. Pertama kali dilaporkan ke petugas oleh Kadus Randupagir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Yudi Irwanto dalam laporannya mengatakan, pemusnahan koloni ini dilakukan bersama-sama oleh tim BPBD pos Rengel, relawan, dan warga setempat.

"Perangkat desa pun juga ikut mengevakuasi sarang tawon," tutur Yudi.

Dilansir dari laman resmi Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI), tawon vespa berbeda dengan lebah yang menghasilkan madu.

Tawon vespa merupakan predator yang memangsa larva serangga lain. Tawon vespa juga memiliki kemampuan untuk menyuntikkan ranunnya ke manusia.

Tawon ini bisa dikenali dari coraknya di tubuhnya yang bergelang hitam-kuning atau hitam-oranye. Bagi orang yang memiliki alergi terhadap racun tawon beresiko mengalami hiperalergi yang berlanjut pada anafilaksis (alergi berat) jika tersengat dan tidak ditangani dalam waktu 24 jam.

Alergi biasa akan ditandai dengan timbulnya bengkak pada area sengatan. Alergi ringan dapat diatasi dengan cara mengompres bengkak dengan menggunakan kompres dingin.

Sementara untuk anafilaksis yang diakibatkan oleh sengatan tawon, memerlukan penanganan dokter. Karena racun tawon vespa dapat menyebabkan gagal ginjal dan edema paru akut jika selama beberapa hari tidak ditangani.

Orang yang mengalami anafilaksis setelah tersengat tawon akan mengalami beberapa gejala. Berikut gejala anafilaksis tersebut yang dikutip dari Healthline: 

- Kesulitan bernafas
- Pembengkakan parah pada wajah, tenggorokan, atau bibir
- Mual, muntah, diare, atau kram perut
- Gatal-gatal di bagian tubuh selain area sengatan
- Detak jantung yang cepat
- Penurunan tekanan darah atau denyut nadi secara tiba-tiba
- Pusing dan kehilangan kesadaran
- Kesulitan menelan
- Gangguan kecemasan dan kebingungan.

Jika gejala-gejala tersebut muncul setelah mengalami sengatan lebah, sebaiknya segera mencari pertolongan dokter. [ali/ ito]