19:00 . MPC Pemuda Pancasila Tuban Siap Kawal Pemungutan Suara   |   15:00 . Hujan Deras 9 Desa di 3 Kecamatan Banjir   |   12:00 . Ajak Warga Singgahan Disiplin Terapkan Pola Hidup Baru   |   09:00 . Operasi Sukowati Field Menuju Zero Emisi   |   07:00 . 10 Tips Menggunakan Media Sosial Saat Melamar Pekerjaan   |   22:00 . Amsi Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020.   |   18:00 . Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0811 Gelar Donor Darah   |   17:00 . Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air   |   16:00 . Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel   |   15:00 . BPS Deklarasikan Zona Integritas WBK   |   10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |  
Sat, 05 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 03 February 2020 14:00

Sengatannya Mematikan, Koloni Tawon Vespa Dibakar

Sengatannya Mematikan, Koloni Tawon Vespa Dibakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Satu lagi koloni tawon atau lebah vespa affies di musnahkan dengan cara dibakar oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Senin (3/2/2020).

Koloni tawon tersebut berada di halaman belakang rumah Mukasim, warga Desa Gununganyar, Kecamatan Soko. Pertama kali dilaporkan ke petugas oleh Kadus Randupagir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Yudi Irwanto dalam laporannya mengatakan, pemusnahan koloni ini dilakukan bersama-sama oleh tim BPBD pos Rengel, relawan, dan warga setempat.

"Perangkat desa pun juga ikut mengevakuasi sarang tawon," tutur Yudi.

Dilansir dari laman resmi Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI), tawon vespa berbeda dengan lebah yang menghasilkan madu.

Tawon vespa merupakan predator yang memangsa larva serangga lain. Tawon vespa juga memiliki kemampuan untuk menyuntikkan ranunnya ke manusia.

Tawon ini bisa dikenali dari coraknya di tubuhnya yang bergelang hitam-kuning atau hitam-oranye. Bagi orang yang memiliki alergi terhadap racun tawon beresiko mengalami hiperalergi yang berlanjut pada anafilaksis (alergi berat) jika tersengat dan tidak ditangani dalam waktu 24 jam.

Alergi biasa akan ditandai dengan timbulnya bengkak pada area sengatan. Alergi ringan dapat diatasi dengan cara mengompres bengkak dengan menggunakan kompres dingin.

Sementara untuk anafilaksis yang diakibatkan oleh sengatan tawon, memerlukan penanganan dokter. Karena racun tawon vespa dapat menyebabkan gagal ginjal dan edema paru akut jika selama beberapa hari tidak ditangani.

Orang yang mengalami anafilaksis setelah tersengat tawon akan mengalami beberapa gejala. Berikut gejala anafilaksis tersebut yang dikutip dari Healthline: 

- Kesulitan bernafas
- Pembengkakan parah pada wajah, tenggorokan, atau bibir
- Mual, muntah, diare, atau kram perut
- Gatal-gatal di bagian tubuh selain area sengatan
- Detak jantung yang cepat
- Penurunan tekanan darah atau denyut nadi secara tiba-tiba
- Pusing dan kehilangan kesadaran
- Kesulitan menelan
- Gangguan kecemasan dan kebingungan.

Jika gejala-gejala tersebut muncul setelah mengalami sengatan lebah, sebaiknya segera mencari pertolongan dokter. [ali/ ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tawon, vespa, tuban, bpbd, soko



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more