22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |   12:00 . Ikuti Webinar Bareng AMSI, Juga Live Streaming di Facebook   |   11:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   10:00 . Kasatlantas Polres Tuban Cek Kelengkapan Personel Jelang Operasi Zebra Semeru 2020   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 01 February 2020 12:00

Harlah NU Ke- 94 Jadi Momentum Penguatan Gerakan Ekonomi Nasional

Harlah NU Ke- 94 Jadi Momentum Penguatan Gerakan Ekonomi Nasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam memaknai Harlah Nadhlatul Ulama ke – 94, Adi Widodo Pengusaha Muda Nahdliyin Asal Tuban ingin berbagi cerita dan sedikit gagasan. Sesaat sebelum puncak peringatan Harlah Nahdlaltul Ulama Ke-94, dirinya bersyukur bisa berjumpa langsung dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj.

Dalam momen bincang – bincang santai sambil menikmati santap siang, banyak hal yang disampaikan beliau. Topik diskusi serius sampai sekedar guyon gayeng semata. Satu poin yang menarik perhatian saya adalah soal perekonomian nasional.

Isu ini juga menjadi materi yang dikedepankan beliau saat berpidato langsung di depan Wakil Presdien KH. Ma’ruf Amin yang hadir dalam peringatan Harlah NU ke-94 di PBNU, Jumat malam (31/1/2020).

Sebagai Ketua Umum organisasi sebesar NU yang berbasis Islam, pria yang mencalonkan diri sebagai Bupati di Pilkada Tuban 2020 ini sangat menghormati pemikiran beliau yang juga begitu concern terhadap persoalan ekonomi bangsa yang hingga hari ini masih menjadi PR serius bagi negeri kita tercinta ini.

Persoalan ekonomi, memang sangat serius untuk bersama-sama segera dibenahi. Banyak variable yang harus dibedah untuk membuka jalan menuju penguatan ekonomi, baik dalam skala wilayah seperti Kabupaten/Kota maupun secara nasional.

"Kuncinya ada pada pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, produktif, dan berdaya saing. Dan sebagai seorang pengusaha Nahdliyin, penguatan SDM juga harus disertakan dengan upaya pembentukan SDM yang memiliki akhlakul karimah yang merupakan pondasi utamanya," tutur Adi Widodo kepada blokTuban.com, Sabtu (1/2/2020).

Dalam konteks penguatan gerakan ekonomi nasional, pria kelahiran Bangilan sepaham dengan gagasan KH Said Aqil Siradj terkait keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Publik juga sudah mendengar langsung saat beliau berbicara dalam peringatan Harlah NU ke – 94.

"Salah satunya dan harus digarisbawahi yakni soal rancang bangun pengelolaan sumber daya alam dan anggaran negara yang berpihak," tegasnya.

Memang, satu-satunya jalan untuk memberdayakan UMKM adalah dengan membentuk rantai sistem yang pro rakyat. Karena esensinya, sebuah bangsa memiliki ekonomi kuat apabila pondasi perekonomian di level paling bawah sudah bisa mandiri dan berdaulat.

Dari desa yang berdaulat secara ekonomi menjadi awalan sempurna untuk menyokong gerakan penguatan ekonomi secara nasional.

Pokok pemikiran besar NU soal perekonomian yang disampaikan KH Said Aqil Siradj pada Harlah ke-94, bagi saya memang sangat tepat untuk digaungkan. Sejatinya memang NU adalah sebuah organisasi yang berkontribusi dalam kemerdekaan Republik ini.

Sudah tentu, komitmen NU untuk Indonesia yang mencakup berbagai aspek, harus pula turut andil dalam membangun dan membawa masyarakat Indonesia menuju sejahtera.

Saya teringat sebuah artikel yang mengutip pesan Presiden RI Pertama Soekarno dalam peringatan Harlah NU Ke-40 pada 31 Januari 1966 di Jakarta. “Kalau unsur Pancasila pada alim ulama teguh dalam batin, negara kita akan menjadi negara yang paling baik di seluruh dunia”. Selamat Harlah Nahdlatul Ulama. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : harlah, nu, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more