10:00 . Usai Observasi di Natuna, Ini Kisah Mahasiswa Wuhan Asal Tuban   |   09:00 . 3 Desa di Kecamatan Jenu Bebas Buang Air Sembarangan   |   07:00 . 5 Kalimat yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Perempuan Jadi Insecure   |   16:00 . Usai Karantina di Natuna, Tiga Mahasiswa Asal Tuban Sampai di Kampung Halaman   |   15:00 . Kecelakaan Tunggal, Pemuda Kerek Meninggal Dunia   |   14:00 . Tantangan Industri Musik Kian Ketat, Produsen Musik Tuban Kini Rilis Lagu Lewat Sosmed   |   13:00 . Setiajit Jalan Sehat Bareng Belasan Ribu Warga   |   09:00 . Begini Kronologi Pemberhentian 29 Karyawan Versi PT Swabina Gatra   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   07:00 . 3 Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas   |   15:00 . Hujan Deras, Lingkungan ini Terendam   |   14:00 . Jatirogo Miliki Puskesmas Senilai Rp5 Miliar, Stunting Jadi Perhatian Bupati   |  
Mon, 17 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 29 January 2020 18:00

Persiapan Ujian, Kepala Madrasah Dilarang Kagetan

Persiapan Ujian, Kepala Madrasah Dilarang Kagetan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UN, UAMBN dan UM Madrasah Aliyah Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019-2020, hari ini digelar di Aula Kemenag Tuban, Rabu (29/01/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah Aliyah (MA) dan seluruh Kepala Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta, dari 50 lembaga.

"Kepala Madrasah Jangan Kagetan. Kepala Madrasah atau top leader jangan suka kagetan, kaget dengan aturan baru. Ganti orang ganti kebijakan. Seperti Menag sekarang bapak Fahrur Razi, dan Kemendiknas juga diganti bapak Nadiem Makarim," buka Sahid dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut.

Kakanmenag Tuban menyebutkan, ada empat pokok kebijakan pendidikan yang disebut dalam program Merdeka Belajar. Pertama, USBN akan dikembalikan ke sekolah. Undang-undang Sisdiknas peserta didik akan dievaluasi oleh gurunya dan kelulusan ditentukan oleh sekolah.

Kedua, Ujian Nasional tahun 2021 nanti akan diganti dengan asesmen dan survey karakter. Maka otomatis, UN tahun 2020 ini yang terakhir diselenggarakan pemerintah. Ketiga, rencana pelaksanaan pembelajaran lebih ringkas. Yakni cukup satu lembar saja, yang tidak membebani guru. RPP hanya akan ada 3 komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen.

Keempat, sistem zonasi PPDB akan diganti prosentasenya. Semula 80% zonasi, 5% perpindahan dan 15% prestasi, menjadi 50% zonasi, 15% KIP, 5% perpindahan dan 30% prestasi.

Kasi Pendidikan Madrasah, Siti Maulidiyah, SH, mengatakan, bahwa selain USBN siswa madrasah juga akan mengikuti UAMBN.

"Selain mengikuti USBN, siswa madrasah juga akan mengikuti ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN). Ujian ini sama dengan UN, tetapi UAMBN untuk ciri khas kemadrasahaan," paparnya.

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, madrasah didefinisikan sebagai sekolah yang berciri khas Islam. Oleh karena itu, ada lima mata pelajaran yang berciri khas Islam. Mata pelajaran tersebut diantaranya, mata pelajaran Al-Quran dan hadis, akidah dan akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam, dan bahasa Arab.

"Persiapan terus dilakukan, dengan harapan siswa madrasah dapat mengedepankan kejujuran dan integritas. Kelulusan siswa harus berdasarkan kemampuan siswa sendiri bukan kecurangan atau dibantu guru-gurunya," tutupnya. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : un, uambn, tuban, kemenag



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more