22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Fri, 18 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 29 January 2020 18:00

Persiapan Ujian, Kepala Madrasah Dilarang Kagetan

Persiapan Ujian, Kepala Madrasah Dilarang Kagetan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan UN, UAMBN dan UM Madrasah Aliyah Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2019-2020, hari ini digelar di Aula Kemenag Tuban, Rabu (29/01/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah Aliyah (MA) dan seluruh Kepala Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta, dari 50 lembaga.

"Kepala Madrasah Jangan Kagetan. Kepala Madrasah atau top leader jangan suka kagetan, kaget dengan aturan baru. Ganti orang ganti kebijakan. Seperti Menag sekarang bapak Fahrur Razi, dan Kemendiknas juga diganti bapak Nadiem Makarim," buka Sahid dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut.

Kakanmenag Tuban menyebutkan, ada empat pokok kebijakan pendidikan yang disebut dalam program Merdeka Belajar. Pertama, USBN akan dikembalikan ke sekolah. Undang-undang Sisdiknas peserta didik akan dievaluasi oleh gurunya dan kelulusan ditentukan oleh sekolah.

Kedua, Ujian Nasional tahun 2021 nanti akan diganti dengan asesmen dan survey karakter. Maka otomatis, UN tahun 2020 ini yang terakhir diselenggarakan pemerintah. Ketiga, rencana pelaksanaan pembelajaran lebih ringkas. Yakni cukup satu lembar saja, yang tidak membebani guru. RPP hanya akan ada 3 komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen.

Keempat, sistem zonasi PPDB akan diganti prosentasenya. Semula 80% zonasi, 5% perpindahan dan 15% prestasi, menjadi 50% zonasi, 15% KIP, 5% perpindahan dan 30% prestasi.

Kasi Pendidikan Madrasah, Siti Maulidiyah, SH, mengatakan, bahwa selain USBN siswa madrasah juga akan mengikuti UAMBN.

"Selain mengikuti USBN, siswa madrasah juga akan mengikuti ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN). Ujian ini sama dengan UN, tetapi UAMBN untuk ciri khas kemadrasahaan," paparnya.

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, madrasah didefinisikan sebagai sekolah yang berciri khas Islam. Oleh karena itu, ada lima mata pelajaran yang berciri khas Islam. Mata pelajaran tersebut diantaranya, mata pelajaran Al-Quran dan hadis, akidah dan akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam, dan bahasa Arab.

"Persiapan terus dilakukan, dengan harapan siswa madrasah dapat mengedepankan kejujuran dan integritas. Kelulusan siswa harus berdasarkan kemampuan siswa sendiri bukan kecurangan atau dibantu guru-gurunya," tutupnya. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : un, uambn, tuban, kemenag



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more