Fokus Bekerja Profesional, PPDI Tuban Komitmen Berdayakan Potensi Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tuban telah selesai menggelar kegiatan Rapat Kerja Derah (Rakerda) ke-III di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu-Minggu (25-26/1/2020).

Kegiatan Rakerda dengan mengusung tema 'Membangun Kemandirian Organisasi Meningkatkan SDM Perangkat Desa Serta Pengembangan Ekonomi Berskala Desa' tersebut diikuti sekitar 130 orang yang terdiri dari Pengurus PPDI Kabupaten Tuban serta Pengurus PPDI dari 20 kecamatan.

Pada Rakerda ini, DPD PPDI Kabupaten Tuban melakukan evaluasi kedalam yang meliputi organisasi dan kinerja perangkat desa. Selain itu, PPDI Tuban juga mengangkat isu terkini terkait Harmonisasi tiga unsur di Pemdes yaitu Kades, Perangkat Desa dan BPD.

Yang mana, dari Rakerda III ini telah menghasilkan beberapa rekomendasi dengan harapan hasil rekomendasi tersebut dapat menjadi acuan untuk merubah kinerja yang lebih baik para pihak-pihak terkait, khususnya perangkat desa dan pemerintah pada umumnya.

"Selanjutnya, untuk Bidang Kemandirian Organisasi dan Pembangunan Ekonomi Berskala Desa dan antar desa, DPD PPDI Kabupaten Tuban telah bekerja sama dengan PT. Pubisker untuk bersama-sama memberdayakan potensi desa dengan pemberdayaan BUMDes yang ada di Kabupaten Tuban," terang Ketua Umum DPD PPDI Kabupaten Tuban, Ahmad Wahyudi.

Ketum DPD PPDI Kabupaten Tuban juga menyatakan harapanya kedepan DPD PPDI sudah tidak lagi berbicara kesejahteraan perangkat desa, karena apa yang di rekomendasikan PPDI Kabupaten Tuban selama ini sudah tercapai mulai dari perubahan Perbub terkait usia Purna Bakti, Kenaikan Siltap Kades dan Perangkat Desa.

"Kami sangat berterima kasih pada Bapak Bupati Tuban serta Dispemas dan DPRD dan para pembina yang selama ini sentiasa mendapingi Perangkat Desa lebih baik. Terlebih selama memimpin, Bapak Bupati sudah menaikan Siltap Kades dan Perangkat Desa 2 serta pemberian tunjangan khusus bagi Kades dan Perangkat Desa yang tidak berbengkok, BPJST, BPJSK, dan lainnya," jelas pria yang juga perangkat desa di Kecamatan Widang tersebut.

Oleh sebab itu, kedepan PPDI Kabupaten Tuban akan lebih fokus ke sumberdaya manusia dan profesionalisme anggota sebagai Perangkat Desa erta peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Selanjutnya, Wahyudi menambahkan pada Rakerda PPDI Kabupaten Tuban juga menyampaikan terima kasih kepada para putra-putri terbaik Tuban yang akan berbagi kebaikan melalui Pilkada Tuban yang telah menyempatkan waktunya hadir memenuhi undangan Rakerda.

"Untuk memberikan saran masukan serta menyampaikan visi tentang desa dan perangkat desa ke depan," tandas Wahyudi.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan itu turut hadir Agus Maimun, Setiajit, Khozanah Hidayati, serta Pembina PPDI Kabupaten Tuban, Miyadi yang memberikan arahan serta menutup acara Rakerda III DPD PPDI Kabupaten Tuban.[hud/ito]