22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 27 January 2020 21:00

450 Hafizah Silaturahmi dan Deklarasi JMQH Kabupaten Tuban

450 Hafizah Silaturahmi dan Deklarasi  JMQH Kabupaten Tuban

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Sekitar 450 hafizah atau perempuan penghafal Al - quran telah mendeklarasikan Jamiyah Mudarasatil Qur'an Lil Hafidzat (JMQH).  Kabupaten Tuban, di Pendopo Krido Manunggal, Senin (27/1/2020).

Pada kesempatan itu, langsung dilantik oleh ketua JMQH pusat, Hj. Maftuhah Minan Abdillah. Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Tuban beserta ibu, Wakil Bupati, Sekda, Kakankemenag Tuban, Instansi terkait dan Organisasi Islam.

Bupati Tuban,  Fathul Huda mengatakan, harapannya tentang didirikannya JMQH ini, semoga para Hafidzah dapat menjaga hafalannya. Melalui deklarasi ini, para hafizah bisa terjaga hafalannya sepanjang masa dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga, para perempuan penghafal Alquran akan bertambah wawasan, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat, serta semakin semangat membaca Al-Qur'an.

"Kalau mereka membaca sendirian biasanya malas, sehingga dengan berkumpul seperti ini akan bersemangat," kata Bupati dua periode ini.

Lebih lanjut, beliau juga mohon doa semoga pengganti bupati yang akan datang juga orang yang cinta Al-Qur'an, biar bisa meneruskan program yang sudah berjalan.

Ketua Pusat JMQH, Nyai Hj Maftuhah Mainan Abdillah menjelaskan, JMQH berdiri 6 Shofar 1395H / 7 Februari 1975 di Dusun Kajen Margoyoso Pati. Namun, anggotanya kurang semangat, kurang bergairah, kurang disiplin dan kurang ada perhatian.

"Satu kabupaten biasanya yang hadir juga cuma 12 orang atau maksimal 20 orang,"ungkap Nyai Hj Maftuhah Mainan Abdillah.

Dia menambahkan, JMQH bangkit dan kembali deklarasi pada 15 Rajab 1432 H atau 17 Juni 2011 banyak hafizhoh terlantar karena pertama, kesibukan rumah tangga dan urusan duniawi. Sehingga, tidak sempat bertadarrus kurang merawat hafalannya sampai ada yang hilang lupa Al-Qur'an-nya. Kedua, lanjut Nyai Hj Maftuhah, banyak hafizah kurang berkiprah bahkan hanya sebagai obyek bila dibutuhkan bukan pelaku yang seharusnya sebagai penggerak syiar Al-Qur'an.

"Ke tiga, hafizah terkesan kolot, kuno, kuper kurang perhatian, kurang pengalaman, cuma duduk sila kurang mendapat simpati masyarakat dan kurang dihargai keberadaannya,"ujarnya.

Sementara itu Kementrian Agama (Kemenang) Tuban, Sahid menyatakan,  kegembiraannya atas terdeklarasinya JMQH Kabupaten Tuban. Selain untuk silaturahmi dan deklarasi, Bupati Tuban juga memberikan bantuan secara simbolis kepada sekitar 400 hafidz/hafizah, senilai Rp. 1.200.000.

Ia berharap, kegiatan ini terus berlangsung, tidak hanya ceremonial, karena Al-Qur'an bukan cuma untuk dibaca dan dilombakan, tetapi juga harus dapat memahami artinya dan mengembangkan apa yang diajarkan Nabi, yaitu Islam yang rahmatan lil alami.

 "Kita juga berharap, kabupaten Tuban bisa memberikan support kepada para hafiz/hafidzoh untuk terus membumikan Al-Qur'an di bumi wali, tidak hanya berupa pendirian majelis taklim melainkan memberikan dan mendidik anak-anak dan keturunan kita untuk lebih  mencintai Al-Qur'an dengan cara menghafal dan mengamalkan dalam khidupan sehari-hari,"tandasnya. [nid/ito]
   

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : hafidzah, tuban, jmqh



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more