19:00 . Rekom DPP PDIP Untuk Calon Bupati Tuban Belum Keluar   |   17:00 . Tahun 2019, Total 141,02 Hektare Padi Diajukan Klaim AUTP   |   16:00 . BPBD Berikan Bantuan Material Bangunan di Desa Pucangan   |   15:00 . Pilihan Vape: Antara Pod dan Mod   |   14:00 . Sudah Dibuka, Baru Satu Orang Mendaftar PPS   |   13:00 . Air Terjun Nglirip Saat Banjir Buat Wisatawan Berkurang   |   12:00 . Ketua DPC Gerindra Tuban Beri Keterangan ke DPP Soal Status Warga Kehormatan Bacabup   |   11:00 . Imam Muhlis, Napi Teroris Asal Bima Bebas   |   10:00 . Berikut Ini Persyaratan Anggota PPS   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Eks Koramil Merakurak Terbakar   |   08:00 . Hujan 2 Jam, Tuban Banjir   |   07:00 . 4 Probiotik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anak   |   18:00 . Kades Se-Montong Siap Suskseskan Sensus Penduduk 2020   |   17:00 . Tanggul Sungai Avour Jebol, Puluhan Hektare Padi Terendam Banjir   |   16:00 . Hujan, Jalan Poros dan Rumah di Pucangan Palang Terendam Banjir   |  
Thu, 20 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 22 January 2020 10:00

Terapkan Pembayaran Nontunai Setelah Terjadi 4 Kasus Korupsi

Terapkan Pembayaran Nontunai Setelah Terjadi  4 Kasus Korupsi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama tahun 2019, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tuban menangani empat perkara tindak pidana korupsi. Dari empat perkara tersebut, tiga di antaranya merupakan tindak pidana korupsi penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh pejabat.

Tindak lanjut korupsi tersebut, Sekretaris Daerah Budi Wiyana di tahun 2020 bakal menerapkan pembayaran non-tunai. Penerapan pembayaran ini sebagai tindak lanjut Perpres no. 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional dan Korupsi Jangka Panjang.

"Kebijakan ini menjadi amanat peraturan pemerintah pusat yang harus ditindaklanjuti," jelas birokrat asal Ngajuk, Rabu (22/1/2020).

Pelaksanaan kebijakan ini mampu mengoptimalkan upaya pencegahan tindak korupsi. Penerapan juga akan mempermudah tahapan proses pembayaran sejumlah program kegiatan.

Sekda Tuban memberikan apresiasi kepada Bank Jatim yang telah menyediakan sejumlah aplikasi untuk memudahkan ASN, di antaranya e-samsat, pembayaran PBB online, retribusi pasar, dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Sekda menginstruksikan agar percetakan blangko PBB dapat dipercepat sehingga distribusi dapat dipercepat. Hal tersebut akan mempercepat penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2019 akan dibahas awal Februari 2020 bersama DPRD Kabupaten Tuban.

“Karenanya, seluruh OPD diminta untuk segera melengkapi dan mengirimkan berkas ke bagian terkait,” terangnya.

Dalam siaran persnya, Kajari Tuban Bambang Dwi Murcolono mengatakan korupsi di 2019 mulai penyalahgunaan DD di Desa Mojoagung, Kecamatan Soko yang dilakukan oleh SN yang saat itu menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) setempat.

Kasus penyalahgunaan DD di Desa Glondongede, Kecamatan Tambakboyo yang dilakukan oleh KS yang saat itu menjabat sebagai Kades setempat serta penyalahgunaan anggaran DD Desa Sendangharjo, Kecamatan Parengan yang dilakukan oleh HS yang saat itu menjabat sebagai Kades.

"Terakhir satu perkara tindak pidana korupsi bantuan sapi yang dilakukan oleh terdakwa ID dengan kerugian Rp 53 juta," imbuhnya.

Dari empat perkara tindak pidana korupsi itu Kejari Tuban berhasil melakukan penyelamatan uang negara senilai Rp 150 juta dari eksekuei denda, Rp 256 juta uang pengganti dan Rp 20 ribu biaya perkara. [ali/ono]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : nontunai, korupsi, pemkabtuban



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more