14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |   07:00 . Ikuti 3 Tips Ini untuk Mengusir Mood Kamu yang Buruk   |   19:00 . Tumpukan Tongkol Jagung di Dekat Pemukiman Warga Terbakar   |   18:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati   |   17:00 . Permudah Akses Energi ke Pelosok, Pertashop Hadir Tingkatkan Ekonomi Desa   |   16:00 . Kekeringan, Dua Desa di Montong Didroping Air Bersih   |   15:30 . Masterplan Transportasi Tuban Dilelang   |   15:00 . Perawat Terpapar Corona, Puskesmas Plumpang Ditutup   |   14:00 . Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Palang Rusak   |  
Fri, 18 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 20 January 2020 17:00

Kerjasama Internet Desa Tak Sekedar Berorientasi Bisnis

Kerjasama Internet Desa Tak Sekedar Berorientasi Bisnis

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembanagan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Tuban, Agus Heru Purnomo menjelaskan program Internet desa dimaksudkan untuk kebutuhan desa terkait pelayanan masyarakat yang cepat dan transparan. Selain itu, untuk menyediakan akses jaringan internet bagi seluruh masyarakat Bumi Wali.

Program internet desa dimanfaatkan untuk mendukung penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) secara real time (online) merujuk penerapan Sistem Keuangan Daerah yang dikelola BPPKAD Tuban. Program Internet Desa ini sekaligus wujud sinergitas antar instansi dan pemerintah desa.

Pemkab Tuban juga bekerjasama dengan Telkom dan Icon+, yang merupakan anak perusahaan BUMN, untuk menunjang infrastruktur jaringan internet. Mengingat keduanya mampu menyediakan sarana yang dibutuhkan, salah satunya kabel fiber optik. Penggunaan kabel fiber optik tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran jaringan.

Pemkab Tuban bersama mitra terus berupaya memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Tidak hanya itu, kerjasama ini tidak semata berorientasi bisnis, tetapi lebih pada pelayanan masyarakat.

"Kami akan terus mengiatkan sosialisasi agar masyarakat lebih memahami tentang manfaat internet desa," ujar Agus disela Monday Talk di wisata Kampung Air desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Senin (20/1/2020).

Ditambahkan oleh Kasi Tata Kelola Dan Adminitrasi Pemerintah Desa Dispemasdes dan KB Tuban, Reza Mandala Putra, Dispemas Tuban mulai mengembangkan Siskudes sejak tahun 2017. Pada tahap awal, dilakukan pendataan dan kelengkapan administrasi. Kemudian, dilakukan penganggaran dan selanjutnya dilakukan pembangunan infrastruktur.

"Pengelolaan keuangan desa berbasis internet tersebut untuk menunjang akuntabilitas, transparansi, dan keterbukaan. Meski demikian, perlu adanya jaminan keamanan dan kerahasian terhadap data-data yang tidak bersifat publik," sambungnya.

Account Manager Telkom Tuban, Anaz Riefanto, menyatakan Telkom mendukung penuh upaya Pemkab Tuban dalam pembangunan infrastruktur jaringan internet. Pihak Telkom bekerjasama dengan pemerintah desa menyediakan jaringan wifi di balai desa.

"Tujuannya agar masyarakat dapat memaksimalkan fasilitas publik sekaligus mengurus administrasi," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Manager Kantor Perwakilan Madiun SBU Regional Surabaya Icon+, Fatchul Rohman Wachid, menambahkan infrastruktur yang disediakan sudah sangat menunjang kerja pemerintah desa. Bahkan, pihaknya juga telah menyiapkan tim lapangan untuk berkeliling hingga di wilayah terluar kabupaten Tuban untuk memastikan kelancaran jaringan internet.

Kepala Desa Sambonggede, Yemmy Tristantono, mengakui internet desa sangat menguntungkan pemerintah desa dan masyarakat. Kehadiran internet desa mendukung percepatan pelayanan masyarakat, seperti Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Internet desa juga berguna untuk pengelolaan website desa. Langkah ini untuk mendukung promosi potensi desa. Yemmy Tristantono berujar bahwa internet desa menjadi sarana untuk mendukung pembangunan desa.

"Banyak pengunjung yg berkunjung ke desa berkat media sosial dan YouTube," tegasnya.

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk pelaksanaan Perpres RI no. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Inpres RI no. 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional Pengembangan e-governement, Pemkab Tuban terus mengembangkan Internet Desa ke seluruh desa di Kabupaten Tuban. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : siak, sistem, informasi, desa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more