13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |   07:00 . Ikuti 3 Tips Ini untuk Mengusir Mood Kamu yang Buruk   |   19:00 . Tumpukan Tongkol Jagung di Dekat Pemukiman Warga Terbakar   |   18:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati   |   17:00 . Permudah Akses Energi ke Pelosok, Pertashop Hadir Tingkatkan Ekonomi Desa   |   16:00 . Kekeringan, Dua Desa di Montong Didroping Air Bersih   |   15:30 . Masterplan Transportasi Tuban Dilelang   |   15:00 . Perawat Terpapar Corona, Puskesmas Plumpang Ditutup   |   14:00 . Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Palang Rusak   |   13:00 . Hujan Lebat, Sebuah Pohon Tumbang   |  
Fri, 18 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 20 January 2020 19:00

12 OPD Penuhi 5 Unsur Penilaian SPIP, Tuban Terima Penghargaan BPKP

12 OPD Penuhi 5 Unsur Penilaian SPIP, Tuban Terima Penghargaan BPKP

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menerima langsung penghargaan atas pencapaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia bersamaan dengan acara Pelantikan dan Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi,  Senin (20/1/2020).

Inspektur Inspektorat Kabupaten Tuban, Aguk Waluyo Raharjo mengatakan Tuban pada kesempatan ini mendapat penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Level 3 atau Tingkat Terdefinisi.

Adapun tingkatan Maturitas penyelenggaraan SPIP diantaranya adalah mulai tingkat 0 atau belum ada, level 2 atau rintisan, level 3 terdefinisi, level 4 terkelola dan terukur, yang terakhir level 5 yaitu optimal.

Pada level 3 atau Terdefinisi  tersebut, Pemkab Tuban dinilai sudah melaksanakan lima unsur dalam kriteria penilaian SPIP yaitu penilaian terhadap lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, juga unsur pemantauan.

Penilaian yang dilaksanakan oleh BPKP merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2018 tentang SPIP, dan dilatarbelakangi adanya Program Pembinaan Penyelenggaraan SPIP yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah (RPJMN).

“Dengan adanya penilaian Maturitas SPIP yang dikeluarkan BPKP Pusat diharapkan dapat memberikan keyakinan memadai tentang kemampuan penyelenggaraan SPIP dalam mencapai peningkatan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara dilingkungan Pemerintah Kabupaten,” imbuh Aguk.

Mantan Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban ini menambahkan Tingkat Maturitas atau Kematangan SPIP menunjukkan kualitas proses pengendalian yang terselenggara dalam suatu kerangka kerja yang menunjukkan kehadiran kelima unsur tersebut secara proporsional, komprehensif dan integratif logis," tambabnya

Dalam penilaian tahun 2019 terdapat 12 OPD di Kabupaten Tuban sebagai sampling penilaian, diantaranya adalah Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika, Sekretariat Daerah, BKPSDM, BPPKAD, Bappeda, Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker, Dispendukcapil, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan RSUD dr. R. Koesma Tuban.

Sementara itu Bupati Tuban, Fathul Huda mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Inspektorat dan segenap jajaran Kepala OPD beserta seluruh pegawai di lingkup Pemkab Tuban atas diraihnya penghargaan ini, yang menunjukkan adanya sistem pengendalian intern di Pemkab Tuban yang sudah berjalan dengan baik.

Dengan tingkat maturitas atau kematangan yang sudah baik ini pula, Bupati berharap capaian ini dapat dipertahankan dan juga ditingkatkan lagi kedepan. Tujuannya bukan untuk mendapatkan penghargaan semata tetapi lebih kepada menciptakan sistem pemerintahan yang baik, transparan dan akuntabel.

"Dengan tujuan akhirnya adalah mewujudkan masyarakat Tuban yang lebih sejahtera," tutupnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bupati, tuban, penghargaan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more