Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu suara untuk satu IP adres. 

Seperti ketentuan yang sudah dicantumkan di bagian bawah polling, sistem akan menganulir suara yang terindikasi atau dianggap dilakukan oleh bot.

"Ada satu IP yang memilih lebih dari satu kali, dan bahkan ada yang sampai puluhan kali. Mungkin karena terlalu semangat mendukung calon pilihannya," kata Manajer Polling blokTuban.com, Anang Febri, Jumat (17/1/2020).

Karena sistem anulir itu, secara otomatis akan ada perubahan jumlah perolahan polling ketika pembaca membuka kembali. Karena pemilih IP ganda akan terkoreksi. Media Online Blok Tuban akan memberikan laporan secara berkala perolehan polling.

"Jadi satu IP pilih satu kali saja. Karena pada akhirnya, secara berkala kami akan membersihkan penggunaan suara ganda," terang Anang.

Redaksi blokTuban.com mengucapkan terima kasih atas tingginya partisipasi pembaca di awal polling. Semua masukan dan kritikan akan menjadi bahan evaluasi. Jangan lupa, ikuti polling dengan tetap memperhatikan syarat dan ketentuan di bawahnya. [red]