07:00 . 5 Cara Atasi Keringat Berlebih pada Area Ketiak   |   22:00 . Fokus Bekerja Profesional, PPDI Tuban Komitmen Berdayakan Potensi Desa   |   21:00 . 450 Hafizah Silaturahmi dan Deklarasi JMQH Kabupaten Tuban   |   20:00 . Kuatkan Sinergitas, Criminal Justice System Tuban Gelar Pertemuan   |   19:00 . Kades Sokosari: Padahal Embung Sudah Dipagari   |   18:00 . Ketua Arus Bawah Jokowi Tuban Jadi Warga Kehormatan Gerindra   |   17:00 . Perdana, Proses Pengajuan PI Blok Tuban Baru 25 Persen   |   16:00 . Izin Pentawira dan Holcim Habis Tahun Ini, Total Ada 36 Tambang Legal   |   15:00 . "Akal-akalan" Izin Tambang Terungkap Lewat GPS   |   14:00 . Sidak Tambang Ilegal, Petugas Tak Bisa Sita Alat Berat   |   13:00 . Temukan Pisau Didekat Mayat Korban, Polisi Masih Lakukan Pengembangan   |   12:00 . Ijin Pulang Habis Olahraga, Siswa Ini Tenggelam di Embung   |   08:00 . Warga Montong Ditemukan Meninggal dengan Luka Sayatan   |   07:00 . Zodiak yang Beruntung Dalam Percintaan karena Sikap Tulusnya   |   16:00 . Sebuah Mobil Tabrak Dua Sepeda Motor yang Sedang Berhenti   |  
Tue, 28 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 15 January 2020 09:00

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Studi banding 200 warga pemilik lahan di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban di Kilang Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah (14/1/2020) sedikit banyak telah memberi gambaran kehadiran proyek ke depannya.

 Salah satu pemilik lahan menilai, pendirian kilang minyak di Tuban memang harus dipandang secara objektif.

"Terutama persoalan kepentingan dan aspirasi warga yang terdampak secara langsung," ujar Tulus Setyo Utomo salah satu pemilik lahan kepada reporter blokTuban.com, Rabu (15/1/2020).

Tulus menambahkan, objektif yang dimaksud misalnya soal keterlibatan pihak Pertamina-Rosneft dalam mendorong kesejahteraan warga terdampak baik melalui program formal.  Seperti CSR, maupun program non formal yang melibatkan peran aktif warga terdampak.

Kemitraan antara Pertamina dengan masyarakat terdampak juga harus dibangun secara terus menerus. Lebih jauh yaitu kesiapan lahan yang dibutuhkan oleh pertamina yang dimiliki oleh masyarakat merupakan salah satunya sandaran kesejahteraan bagi keluarganya.

"Dengan harapan ganti untung yang layak menjadi keputusan Pertamina," bebernya.

Selain itu diperlukan juga upaya merubah pola pikir masyarakat yang sebagian besar petani, menjadi pola pikir yang lebih sesuai dengan iklim industry.  Pola pikir itu juga diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdampak agar punya kehidupan yang jauh lebih baik.

Sebagai representatif suara pemilik lahan, Tulus juga meminta harus ada peran serta dan kerjasama yang positif antara pihak Pertamina-Rosneft dengan pemkab yang berkesinambungan. Tentunya melibatkan masyarakat terdampak demi mewujudkan hal tersebut.

Dicontohkan dengan memberikan kesempatan kerja yang seluas-luasnya pada warga terdampak. Pendirian sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan berbasis migas. Serta pelatihan-pelatihan yang mendorong kemampuan masyarakat terdampak dalam daya saing dunia kerja .

Hal tersebut di atas harus benar-benar digunakan sebagai salah satu prinsip dasar pendirian kilang minyak di Tuban. Agar ke depan masyarakat bisa menikmati kesejahteraan yang berkelanjutan.

"Berbicara tentang industri tentu bukan hanya berbicara satu generasi hari ini saja. Namun jauh lebih penting adalah nasib dan masa depan generasi berikutnya," tandasnya. [ali/ono]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : migas, kilangminyak, kilangtuban



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more