19:00 . LPI BAS Gelar Parenting Online, Siap Melaksanakan Normalisasi Baru Pembelajaran   |   18:00 . Ratusan Tenaga Kesehatan Dituntut Tunjukkan Inovasi dan Prestasi Kerja   |   17:00 . Cegah Corona, Pesantren Diberi Hand Sprayer dan Pembersih Lantai   |   16:00 . Lupa Mematikan Setrika, Sebuah Rumah di Jalan Patimura Terbakar   |   15:00 . Lebih Hemat, Ribuan Nelayan Tuban Gunakan Konverter Kit BBG   |   14:00 . Produksi Pati Garut, Bisnis Rumahan Beromset Jutaan   |   13:00 . Punya Riwayat Kontak dengan Pasien Positif, Perawat Puskesmas Singgahan Meninggal   |   12:00 . Bersama DPR RI, Pemerintah Kampanyekan Gemarikan di Tuban   |   11:00 . Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Gemar Makan Ikan Versi DPR RI   |   10:00 . Intip Aksi Dalang Cilik Wayang Kulit   |   09:00 . Wisata Air Terjun Nglirip Masih Tutup   |   08:00 . Terima Kasih Sahabat Pertamina   |   07:00 . 5 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah   |   17:00 . Puskesmas Singgahan Tutup Sementara, Karyawan Wajib Isolasi   |   16:00 . Tanggapi Dua Pasangan Rival, PKB: Semakin Ringan untuk Menang   |  
Sun, 09 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 15 January 2020 09:00

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

Pemilik Lahan: Pendirian Kilang Tuban Harus Dipandang Obyektif

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Studi banding 200 warga pemilik lahan di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban di Kilang Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah (14/1/2020) sedikit banyak telah memberi gambaran kehadiran proyek ke depannya.

 Salah satu pemilik lahan menilai, pendirian kilang minyak di Tuban memang harus dipandang secara objektif.

"Terutama persoalan kepentingan dan aspirasi warga yang terdampak secara langsung," ujar Tulus Setyo Utomo salah satu pemilik lahan kepada reporter blokTuban.com, Rabu (15/1/2020).

Tulus menambahkan, objektif yang dimaksud misalnya soal keterlibatan pihak Pertamina-Rosneft dalam mendorong kesejahteraan warga terdampak baik melalui program formal.  Seperti CSR, maupun program non formal yang melibatkan peran aktif warga terdampak.

Kemitraan antara Pertamina dengan masyarakat terdampak juga harus dibangun secara terus menerus. Lebih jauh yaitu kesiapan lahan yang dibutuhkan oleh pertamina yang dimiliki oleh masyarakat merupakan salah satunya sandaran kesejahteraan bagi keluarganya.

"Dengan harapan ganti untung yang layak menjadi keputusan Pertamina," bebernya.

Selain itu diperlukan juga upaya merubah pola pikir masyarakat yang sebagian besar petani, menjadi pola pikir yang lebih sesuai dengan iklim industry.  Pola pikir itu juga diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terdampak agar punya kehidupan yang jauh lebih baik.

Sebagai representatif suara pemilik lahan, Tulus juga meminta harus ada peran serta dan kerjasama yang positif antara pihak Pertamina-Rosneft dengan pemkab yang berkesinambungan. Tentunya melibatkan masyarakat terdampak demi mewujudkan hal tersebut.

Dicontohkan dengan memberikan kesempatan kerja yang seluas-luasnya pada warga terdampak. Pendirian sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan berbasis migas. Serta pelatihan-pelatihan yang mendorong kemampuan masyarakat terdampak dalam daya saing dunia kerja .

Hal tersebut di atas harus benar-benar digunakan sebagai salah satu prinsip dasar pendirian kilang minyak di Tuban. Agar ke depan masyarakat bisa menikmati kesejahteraan yang berkelanjutan.

"Berbicara tentang industri tentu bukan hanya berbicara satu generasi hari ini saja. Namun jauh lebih penting adalah nasib dan masa depan generasi berikutnya," tandasnya. [ali/ono]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : migas, kilangminyak, kilangtuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more