07:00 . 5 Cara Atasi Keringat Berlebih pada Area Ketiak   |   22:00 . Fokus Bekerja Profesional, PPDI Tuban Komitmen Berdayakan Potensi Desa   |   21:00 . 450 Hafizah Silaturahmi dan Deklarasi JMQH Kabupaten Tuban   |   20:00 . Kuatkan Sinergitas, Criminal Justice System Tuban Gelar Pertemuan   |   19:00 . Kades Sokosari: Padahal Embung Sudah Dipagari   |   18:00 . Ketua Arus Bawah Jokowi Tuban Jadi Warga Kehormatan Gerindra   |   17:00 . Perdana, Proses Pengajuan PI Blok Tuban Baru 25 Persen   |   16:00 . Izin Pentawira dan Holcim Habis Tahun Ini, Total Ada 36 Tambang Legal   |   15:00 . "Akal-akalan" Izin Tambang Terungkap Lewat GPS   |   14:00 . Sidak Tambang Ilegal, Petugas Tak Bisa Sita Alat Berat   |   13:00 . Temukan Pisau Didekat Mayat Korban, Polisi Masih Lakukan Pengembangan   |   12:00 . Ijin Pulang Habis Olahraga, Siswa Ini Tenggelam di Embung   |   08:00 . Warga Montong Ditemukan Meninggal dengan Luka Sayatan   |   07:00 . Zodiak yang Beruntung Dalam Percintaan karena Sikap Tulusnya   |   16:00 . Sebuah Mobil Tabrak Dua Sepeda Motor yang Sedang Berhenti   |  
Tue, 28 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 13 January 2020 11:00

Tanggulangi Hama Ulat, DPKP Tuban Datangkan 3 Ton Pestisida

Tanggulangi Hama Ulat, DPKP Tuban Datangkan 3 Ton Pestisida

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban tengah serius menanggulangi hama Ulat Grayak yang menyerah tanaman jagung milik para petani di wilayah setempat.

Keseriusan penanggulangan hama ulat tersebut dilakukan oleh DPKP Kabupaten Tuban dengan mendatangkan sebanyak 3 ton pestisida atau obat pembasmi ulat dari Dinas Pertanian Pertania dan Ketahanan Provinsi Jawa Timur.

"Kita kemarin melaporkan hama ulat ke dinas provinsi lalu dikirim 3 ton pestisida untuk menanggulangi hama ulat, dan kini sudah tertanggulangi semua," terang Kepala DPKP Kabupaten Tuban, Murtadji saat dikonfirmasi, Senin (13/1/2020).

Selain itu, DPKP juga telah melakukan upaya dengan memberikan penyuluhan setiap hari kepada petani. Bahkan, bersama para petani DPKP juga telah melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) untuk membasmi hama ulat.

"Kami sudah melakukan upaya penyuluhan, selain itu ada juga petugas POPT-PHP yang khusus menangani terkait hama di masing-masing kecamatan," imbuh mantan Camat Bancar tersebut.

Dia juga mengaku belum mengetahui pasti apa faktor yang menjadi pemicu munculnya hama ulat jagung tersebut. Yang pasti hama ulat itu menyerang tanaman jagung se Indonesia, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mencatat ada 1.787,2 hektar tanaman jagung terserang hama ulat yang menyebar di tujuh kecamatan.

Yakni, Kecamatan Grabagan ada seluas 1.434 hektare, Semanding 54 hektare, Montong 132,2 hektare, Kerek 104 hektare, Jatirogo 26 hektare, Palang ada 6 hektare, serta di Kecamatan Bangilan seluas 31 hektar.[hud/col]




* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Ulat, hama, pestisida



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more