Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – E-KTP merupakan problem nasional dalam beberata tahun terakhir ini. Atas kondisi tersebut, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban mendatangi Dirjen Dukcapil Kemendagri pada 10 Januari 2020 lalu.

Hasilnya Komisi II membawa kado awal tahun cukup manis. Yakni 8.000 keping blangko E-KTP untuk masyarakat Kabupaten Tuban.

“Jumlah ini memang belum cukup tapi Alhamdulillah ada kado ribuan blangko E-KTP untuk warga,” tutur anggota Komisi II DPRD, Zuhri Ali kepada reporter blokTuban.com, Minggu (12/1/2020).

Zuhri Ali yang biasa disapa Mbah Jojo menjelaskan, selama ini Disdukcapil Tuban ketika berangkat ke Kemendagri hanya membawa pulang 500 keping blangko. Jumlah ini tentu akan lama menuntaskan problem kependudukan di Tuban.

Pada Maret mendatang persoalan E-KTP diharapkan tuntas, karena awal tahun ini Pemerintah Pusat merencanakan mencetak 16 juta keeping untuk Nasional.

“Oleh sebab itu kami harapkan warga yang saat ini memegang Suket untuk bersabar,” pinta mantan Kades Jetak, Montong ini.

Data komisi II, menyebutkan per 31 Desember 2019 lalu, Kabupaten Tuban membutuhkan 30.000 keping blangko E-KTP. Dengan desakan DPRD di Kemendagri, diharapkan dikirim kembali 10.000 blanko.

Sementara, Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid belum bisa memberi penjelasan perihal datangnya 8000 keping blangko dari pusat awal tahun ini.

“Pekan lalu saya masih tugas di Ulp, dan per 13 Januari baru di Disdukcapil,” tutup mantan Kabag humas dan protokol Pemkab Tuban. [ali/col]