Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Bisa Dilihat di Bumi Wali Dini Hari Nanti

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Fenomena gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Sabtu (11/1/2020) dini hari nanti. Fenomena alam tersebut dapat dilihat disebagian besar wilayah Jawa Timur termasuk di Kabupaten Tuban.

"Fenomena gerhana bulan penumbra bisa dilihat di Tuban kalau cuacanya cerah (Tidak tertutup awan)," terang Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, Desindra Deddy Kurniawan, Jumat (10/1/2020).

Desindra menerangkan, berdasarkan data dari BMKG Juanda Surabaya, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai di bulan.

Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada fase purnama dan dapat dihitung sebelumnya.

Adapun fase gerhana bulan penumbra akan dapat dilihat di sebagian wilayah Jawa Timur mulai pada pukul 00.05 dan bertahap hingga puncak gerhana terjadi pada pukul 02.10. Sedangkan gerhana berakhir pada pukul 04.14 Wib.

Lebih lanjut, Desindra menambahkan berdasarkan data dari BMKG Pusat, sepanjang tahun 2020 ini akan terjadi 6 kali gerhana, yaitu 2 kali gerhana matahari dan 4 kali gerhana bulan.

Dengan perincian sebagai berikut :
1). Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Januari 2020 yang dapat diamati dari Indonesia
2). Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia
3). Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.
4). Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
5). Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia
bagian Barat menjelang gerhana berakhir.
6). Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.[hud/rom]