10:00 . Usai Observasi di Natuna, Ini Kisah Mahasiswa Wuhan Asal Tuban   |   09:00 . 3 Desa di Kecamatan Jenu Bebas Buang Air Sembarangan   |   07:00 . 5 Kalimat yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Perempuan Jadi Insecure   |   16:00 . Usai Karantina di Natuna, Tiga Mahasiswa Asal Tuban Sampai di Kampung Halaman   |   15:00 . Kecelakaan Tunggal, Pemuda Kerek Meninggal Dunia   |   14:00 . Tantangan Industri Musik Kian Ketat, Produsen Musik Tuban Kini Rilis Lagu Lewat Sosmed   |   13:00 . Setiajit Jalan Sehat Bareng Belasan Ribu Warga   |   09:00 . Begini Kronologi Pemberhentian 29 Karyawan Versi PT Swabina Gatra   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   07:00 . 3 Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas   |   15:00 . Hujan Deras, Lingkungan ini Terendam   |   14:00 . Jatirogo Miliki Puskesmas Senilai Rp5 Miliar, Stunting Jadi Perhatian Bupati   |  
Mon, 17 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 09 January 2020 07:00

5 Alasan Buah Pir Baik untuk Diet, Kaya Serat dan Melindungi Usus

5 Alasan Buah Pir Baik untuk Diet, Kaya Serat dan Melindungi Usus

Reporter : -

blokTuban.com - Siapa di antara kamu yang suka dengan buah pir? Selain mempunyai cita rasa manis dan tekstur buah yang empuk, pir juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk rekomendasi buah untuk menyukseskan diet Anda.

Sebelum menelaah manfaatnya, kita pelajari sejenak cara menentukan buah pir matang sempurna dengan memeriksa bagian leher buah pir. Kamu bisa tekan dengan lembut bagian dekat batang dengan ibu jari kamu. Bila saat ditekan buah pir tersebut sedikit lembek, tandanya buah itu sudah matang, berarir, dan siap untuk dimakan.

Menurut Amy R. Kweller, MS, RD., kandidat doktor di Widen Lab, Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, pir kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan juga membuat Anda kenyang lebih lama. Seperti apa detail manfaatnya?

Berikut lima manfaat buah pir seperti dikutip dari laman Real Simple

1. Serat

Buah pir yang berukuran sedang mengandung 6 gram serat, jumlah itu mencukupi sebanyak 21 persen dari yang kebutuhan serat harian. Sebagian besar serat pada buah pir dalam bentuk pektin, yang telah terbukti mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Kulit pir adalah bagian yang paling banyak mengandung serat. Jadi, pastikan untuk tetap mengkonsumsi kulitnya untuk menambah rasa, tekstur dan juga nutrisi.

2. Menyehatkan usus dan mencegah kanker paru

Sebuah studi epidemiologi baru yang diterbitkan dalam JAMA Oncology pada Oktober 2019, ditemukan bahwa mengkonsumsi asupan serat yang tinggi dan yoghurt bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

Seseorang yang mengkonsumsi serat setiap harinya (27,8 gram unutk wanita, 31 gram untuk pria) memiliki kemungkinan 17 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru. Bahkan bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt yang kaya serat, memiliki 33 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Hasil tersebut menunjukkan suatu perkembangan yang menarik dalam ranah kesehatan usus karena penelitian baru juga menunjukkan bahwa mikroba tertentu dapat berperan dalam peradangan paru-paru.

Para peneliti ini percaya bahwa prebiotik dan probiotik yang ditemukan dalam makanan yang kaya serat dan yoghurt dapat mengubah mikrobioma usus dengan cara yang mendukung kesehatan paru-paru.

Selain itu, sebuah studi in-vitro (penelitian pada mikroorganisme) menunjukkan bahwa ketika buah pir dicerna, pertumbuhan bakteri berbahaya bisa melambat tanpa mempengaruhi bakteri menguntungkan dengan potensi probiotik. Dalam hal ini, bakteri berbahaya mengacu pada helicobacter pylori yang bisa menyebabkan penyakit maag.

3. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Para peneliti percaya buah pir bisa mencegah penyakit jantung dan stroke karena kandungan yang ada di dalamnya yaitu flavonoid (kelas antioksidan), serat, dan vitamin C.

4. Pir bisa membuat kenyang lebih lama

Pir bisa sangat mengenyangkan karena kandungan serat yang tinggi. Menurut sebuah studi epidemiologi, orang dewasa yang makan buah pir memiliki kemungkinan 35 persen lebih kecil terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya.

Studi lain juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga buah pir setiap harinya dapat membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan mengkonsumsi camilan dengan jumlah kalori dan serat yang sama.

5. Mencegah risiko diabetes tipe 2

Tubuh setiap manusia membutuhkan karbohidrat dan yang terpenting adalah bagaimana menyeimbangkan serat, protein, atau lemak saat setiap kali waktu makan. Menyeimbangkan karbohidrat bisa mengurangi tingkat penyerapan glukosa, sehingga peredaran darah akan menjadi lancar dan tidak meningkat tajam.

Pilihan karbohidrat yang baik adalah yang mengandung gizi, seperti buah pir. Menurut Diabetes Care, jurnal asosiasi diabetes Amerika, buah pir berukuran sedang, berada pada peringkat 38 dalam indeks gliemik dan dianggap sebagai makanan dengan glikemik rendah. [ito]

Sumber: https://www.cantika.com/read/1292510/
5-alasan-buah-pir-baik-untuk-diet-kaya-serat-dan-melindungi-usus

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : manfaat, buah, pir, kesehatan



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more