12:00 . Pengembangan UMKM, Pertamina Kembali Salurkan Rp2.7 M   |   11:00 . Selama Pancaroba, Waspadai Cuaca Ekstrim di Jawa Timur   |   10:00 . 10 Ribu Pemilih Pemula Belum Ber-KTP?   |   09:00 . 2 Peserta Reaktif, 1 Positif Corona, SKB CPNS Tetap Jalan   |   08:00 . 1.701 RTLH Selesai Dibangung, Ini Sumber Dananya   |   07:00 . 8 Manfaat Ajaib "Ngopi", Sudah Tahu?   |   18:00 . DPS Pilkada Diumumkan, Masyarakat Bisa Beri Masukan   |   14:00 . 801 Murid MTSN 1 Tuban Dapat Kartu Perdana Untuk Belajar Daring   |   13:00 . Beredar Desakan Pilkada Ditunda, KPU Tuban Belum Terima Kabar Resmi   |   12:00 . Kekeringan, Warga Jadi Jalan Kaki Dua Kilometer Demi Ambil Air   |   11:00 . Petugas Puskesmas Pembantu Remen Terjangkit Corona   |   08:00 . Pilkada di Tengah Pandemi, Menjaga Angka Partisipasi Pemilih Tuban   |   07:00 . Malas Keramas Setelah Olahraga, Apa Efeknya pada Rambut   |   18:00 . Bacabup dan Bacawabup AMAN Tandatangani Kontrak Jamiyah   |   17:00 . Dusun Makmur Nama Kontrak Politik Setia Negara   |  
Tue, 22 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 08 January 2020 07:00

Tips dari Ahli Agar Resolusi Keuangan Bisa Terwujud di 2020

Tips dari Ahli Agar Resolusi Keuangan Bisa Terwujud di 2020

Reporter: -

blokTuban.com - Ladies, sudahkah Anda menyusun resolusi di 2020? Menurut psikolog klinis Ayoe Sutomo M.Psi, menyusun resolusi sangat penting dilakukan karena bisa membuat seseorang memiliki tujuan dan mengarahkan dirinya pada tujuan tersebut. Beberapa resolusi yang dibuat pun biasanya seputar gaya hidup sehat, karier, percintaan, hingga keuangan.

Berbicara soal resolusi keuangan, ternyata ada beberapa daftar yang biasanya dibuat untuk membantu mengelola keuangan agar lebih mudah dan efisien. Selain itu, resolusi keuangan juga bisa membantu seseorang untuk lebih mudah dalam mencapai berbagai tujuan.

Adapun beberapa daftar resolusi keuangan yang biasanya dibuat; seperti menyusun anggaran keuangan, meningkatkan jumlah tabungan, disiplin dalam membayar tagihan, kurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif, hingga menyisihkan dana darurat.

Pertanyaannya, jika resolusi keuangan itu sudah dibuat, lantas bagaimana cara mewujudkannya? Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer di QM Financial, berbagai tips mewujudkan resolusi keuangan di 2020. Seperti apa?

1. Melakukan usaha yang ekstra

Tips pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mewujudkan resolusi keuangan di 2020 adalah dengan melakukan usaha yang lebih ekstra. Sebagai contoh, jika Anda memiliki resolusi untuk lebih rajin menabung agar bisa melakukan DP rumah, maka Anda pun harus sanggup menyisihkan uang setiap bulan.

“Agar bisa memiliki jumlah uang yang ditargetkan, maka usahanya ya dengan memiliki penghasilan yang jelas atau setidaknya memiliki penghasilan tambahan dari dagang atau freelance,” ujar Ligwina saat dihubungi kumparanWOMAN melalui aplikasi pesan online pada Senin (6/1).

2. Kondisikan agar Anda terbiasa

Menurut Ligwina, usaha saja tidak cukup untuk mewujudkan resolusi keuangan. Maka menurutnya, kita harus menyiapkan cara (dengan terpaksa) agar bisa menabung atau menyisihkan uang. Cara-cara yang bisa ditempuh di antaranya adalah dengan mengatur standing instruction debit automatics di rekening gajian ke rekening simpanan.

“Itu cara digitalnya, kalau cara analognya seperti mengisi celengan setiap hari, terus punya kotak plastik transparan untuk menyusun Rp 20 ribu atau Rp 100 ribu dengan rapi agar tidak diambil. Saat sudah terkondisikan, kita jadi merasa tidak terpaksa lagi karena sudah terbiasa,” lanjut Ligwina.

3. Adaptasikan dengan kondisi yang dimiliki

Saat mewujudkan resolusi, Anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan. Bahkan terkadang, orang gagal mewujudkan resolusinya karena kurangnya tekad.

“Jika sudah begitu, sebaiknya Anda adaptasikan kondisi yang dimiliki. Misalnya, saat memiliki penghasilan yang meningkat dengan adanya bonus dan THR, maka Anda pun bisa menabung lebih banyak. Namun, saat penghasilan tiba-tiba terhambat, mungkin Anda juga perlu mengikat pinggang lebih erat,” tutup Ligwina.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Wanita, pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more