11:00 . Menaker RI Berharap Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan UU Ciptaker   |   08:00 . Peduli Seniman Setiajit Gelar Wayang Pakeliran Padat   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   21:30 . Arief-Nining Dipercaya Pimpin AMSI Jawa Timur   |   21:00 . Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik   |   20:00 . Live: Pagelaran Wayang Lakon Gatot Koco Wini Suda   |   19:00 . Media Massa dan Pemerintah Perlu Bekerjasama Mengatasi Masalah   |   15:00 . Gelar PKD di Tengah Pandemi, Ansor Jatirogo Terapkan Prokes Ketat Covid   |   14:00 . Menteri Abdul Halim Iskandar dan Ida Fauziah Kunjungi Tuban, Serahkan Bantuan program PJS   |   13:00 . Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |   12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   10:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 08 January 2020 10:00

PT. Pbas Anak Cucu Pertamina Andil di Proyek Kilang Pertamina Bukan di TPPI

PT. Pbas Anak Cucu Pertamina Andil di Proyek Kilang Pertamina Bukan di TPPI

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Statmen Bupati Tuban, Fathul Huda terkait banyak proyek industri yang dimenangkan anak cucu Pertamina dan orang lokal hanya sebagai buruh menggegerkan publik di media sosial. Masukan yang diterima orang nomor satu di Tuban ini bahwa warganya tak berkesempatan ikut andil dalam proyek besar-besar di wilayahnya perlu ditinjau ulang. 

Ada dua perusahaan kilang yang disinggung bupati dua periode yang mengakhiri jabatannya pada 2021 ini. Pertama pekerjaan las di kilang PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), dan kedua Kilang Grass Root Refinery (GRR) kerjasama Pertamina-Rosneft.

Untuk pekerjaan las di kilang TPPI, Bupati kelahiran Montong inipun masih ragu, karena datanya belum valid 100 persen. Kendati demikian, pemerintah daerah bakal memvalidasi desas desus ini.

Reporter blokTuban.com mencoba menggali informasi lebih dalam di lapangan. Pertama di TPPI yang kini sedang berkembang menjadi produsen Petrochemichal terbesar di Indonesia.

PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo menegaskan, di TPPI belum ada proyek sama sekali. Kegiatan proyek yang kelihatan dari luar ada di lingkungan TPPI itu adalah proyek LPG milik Pertamina (bukan milik TPPI), memang secara kebetulan tanah milik Pertamina tersebut berada di dalam pagar sisi Timur kawasan TPPI. Dan itupun masih dalam proses pekerjaan pembersihan lahan dan pembuatan temporary pagar yang dikerjakan oleh warga Ring 1.

"TPPI saat ini beroperasi normal seperti biasa dengan karyawan tetap 441 orang dan karyawan outsourching 287 orang, jadi total pekerja di TPPI berjumlah 728 orang, dari jumlah total tersebut komposisi pekerja lokal mencapai 50 persen, pekerja dari Tuban 41 persen dan pekerja dari luar Kabupaten Tuban hanya 9 persen," tutup Taheran, Rabu (8/1/2020).

Adapun yang dimaksud Bupati Tuban bahwa ada proyek tapi yang mengerjakan anak perusahaannya sendiri itu adalah proyek Rosneft Pertamina.

Dimana yang mengerjakan saat ini adalah PT. Pbas (anak cucu Pertamina), meskipun melibatkan orang lokal tetapi benderanya milik anak perusahaan Pertamina.

Lebih dari itu, program Corporate Social Responsibility (CSR) TPPI saat ini difokuskan pada program pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Dimana program ini merupakan program yang masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat sekitar.

"Selama 2019 CSR terkosentrasi pada pendidikan dan pelatihan, dukungan umum dan keolahragaan, sosial kemasyarakatan, infrastruktur, lingkungan, hubungan eksternal dan pemerintah," tambahnya. 

Selain itu dalam pengadaan barang dan jasa yang bersifat umum saat ini, TPPI mengutamakan perusahaan atau rekanan lokal, tercatat pada tahun 2019 total anggaran pengadaan barang dan jasa sudah diserap 40% oleh rekanan dari lokal, bahkan pekerjaan Welding/las, Scafolding, PFHE dan Civil Work dikerjakan oleh Perusahaan Ring-1, artinya bahwa secara pelan dan pasti Perusahaan Ring-1 sudah bisa bersaing dan menyesuaikan diri di lingkup pekerjaan standart Petrochemical atau Migas. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Tppi, pertamina, kilang, proyek



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more