16:00 . PT. TPPI Renovasi 9 Rumah Tidak Layak Huni di Tuban   |   14:00 . Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan   |   12:00 . PRKP Akan Sanksi Tegas Pengerusak Westafel Umum   |   10:00 . Rekam Percakapan Serang Bank Jatim, Pria Ini Mohon Maaf   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Jasad Pencari Udang Rebon Ditemukan Mengambang di Pantai Boom Tuban   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Unirow Launching Kuliah Pascasarjana   |   16:00 . BPBD Berikan Bantuan Korban Bencana Puting Beliung   |   15:00 . Dapat Nomor Urut 1, Begini Langkah Mbak Ana-De Anwar Menangkan Pilkada   |   14:00 . Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Cabup-Cawabup Tuban   |   13:00 . KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada dan Undi Nomor Urut   |   09:00 . Kurangi Impor Petrokimia, Menteri Perindustrian Dukung Proyek Revamping TPPI   |   08:00 . SIG Dukung Modal dan Pendampingan UMKM Klaster Perikanan di Jenu   |   07:00 . 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis   |  
Sat, 26 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 06 January 2020 07:00

Normalkah Bayi Sudah Bisa Berjalan Sebelum Merangkak?

Normalkah Bayi Sudah Bisa Berjalan Sebelum Merangkak?

Reporter: -

blokTuban.com - Merangkak merupakan salah satu tonggak penting dalam perkembangan bayi. Sebab koordinasi antara tangan dan kaki yang digunakan saat merangkak, melatih ia persiapkan otot dan syaraf pada tahap perkembangan lainnya, Moms. Tak cuma itu, merangkak juga membantu perkembangan otaknya, lho.

Biasanya, fase tersebut dimulai saat si kecil berusia antara 7 dan 10 bulan. Namun rupanya, tak semua bayi melalui fase ini. Ada bayi dalam kondisi tertentu tidak merangkak, malah bisa langsung berjalan.

Normaalkah kondisi tersebut?

Jangan buru-buru panik dulu, Moms. Dokter spesialis anak, dr. Farabi el fouz Arafiq. SpA, MKes, mengatakan bayi yang berjalan tanpa proses merangkak itu tidak masalah. Menurutnya, itu masih bisa dikategorikan wajar selama bayi menunjukkan kemajuan anggota geraknya.

"Misalnya dia bisa berdiri dan berjalan, itu tidak ada masalah. Yang masalah adalah bayi tidak merangkak, berdiri, dan berjalan. Nah, itu yang harus dikhawatirkan karena tidak ada kemajuan terhadap anggota gerak besarnya," kata dr. Farabi saat dihubungi kumparanMOM.

Lantas mengapa ya, hal tersebut bisa terjadi?

Dokter yang praktek di RSU Bunda Margonda, Depok ini mengatakan, ada banyak hal alasan bayi bisa langsung berjalan tanpa merangkak. Seperti kurangnya latihan merangkak yang didorong orang tua, atau bisa jadi, karena bayi tersebut memiliki otot yang cukup baik sehingga pergerakannya cukup kuat untuk mampu berdiri sendiri.

Yang perlu dipahami orang tua, lanjut dr. Farabi, setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda, Moms.
"Semua itu tergantung pada kondisi bayi masing-masing. Lalu soal penyebab mengapa bayi bisa berdiri dan berjalan dengan sendirinya tanpa merangkak, itu sangat subjektif (tergantung pada bayi)," tutupnya.

Dalam kesempatan lain, Annelia Sari Sani, psikolog dari Petak Pintar Center for Learning Problems dan Klinik Psikologi RSAB Harapan Kita Jakarta kepada kumparanMOM mengungkap, mekanisme apa pun yang digunakan bayi ketika bergerak maka memungkinkan ia mengembangkan koordinasi dan keseimbangan. Misalnya, dengan cara berguling, merayap, meluncur dan menyeret perut.

Yang terpenting, selama berada dalam pantauan dokter anak maupun bidan, maka Anda tak perlu khawatir, Moms.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more