18:00 . Tingkatkan Pelayanan di Mapolres, Kapolres Operasionalkan Golf Car   |   16:00 . Camat Palang: 40 Rumah di Panyuran Terdampak Banjir Bandang   |   14:00 . 524 Lembar Surat Suara Pilkada Rusak   |   12:00 . BMKG: Hari Ini Sebagian Tuban Berawan dan Hujan Ringan   |   12:00 . Kualitas Beras BPNT di Kecamatan Tuban Dicek Rutin   |   11:00 . Tanggul Jebol, Puluhan Hektar Tanaman Padi di Rahayu Rusak   |   08:00 . Pererat Silaturrahim, DPRD Tuban Gelar Media Gathering   |   19:00 . Pria Tangerang Ditemukan Meninggal Dunia Tanpa Busana di Hotel Tuban   |   18:00 . Paduan Suara Kopri Ronggolawe Raih Juara Satu, Lomba Unjuk Bakat Harlah Kopri   |   14:00 . Kerajinan Pelepah Pisang Tuban Diekspor ke Eropa   |   11:00 . Banser Tuban Satu Komando Ikuti Apel Kebangsaan Daring   |   10:00 . Ganjar Pranowo Turun Gunung Ajak Kader Banteng Menangkan Setia Negara   |   08:00 . Mas Safuan, Wartawan yang Tak Henti Menulis Itu Berpulang   |   14:00 . Presiden BEM Unirow Ajak Masyarakat Jangan Sepelekan Covid-19   |   13:00 . Semangat Perubahan Menuju Organisasi Modern, PSMTI Jatim Gelar Musprov IV   |  
Tue, 01 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 06 January 2020 17:00

Cerita Banjir 2019, Alasan Warga Tolak Evakuasi Mencengangkan

Cerita Banjir 2019, Alasan Warga Tolak Evakuasi Mencengangkan Dokumentasi Suasana Banjir Awal Tahun 2019 di Desa Tambakrejo Kecamatan Rengel



Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kabupaten Tuban yang dilalui sungai Bengawan Solo, menjadi kawasan langganan banjir setiap tahun. Banyak peristiwa serta kisah menyentuh hati. Mulai dari korban harta, benda, nyawa, hingga warga yang tak mau dievakuasi dan kukuh menetap di kediamannya.

"Tahun lalu juga begitu, Warga Tambakrejo Kecamatan Rengel gak mau dievakuasi,” terang Taufiq, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mengulas peristiwa banjir awal tahun 2019 lalu.

Letak geografis Desa Tambakrejo yang berada di ujung selatan Kecamatan Rengel, bersinggungan langsung dengan aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sehingga mengharuskan warga mendapat evakuasi serta perhatian ekstra, jika sewaktu-waktu air meluber tak terkira.

Akan tetapi banyak warga menolak dievakuasi. Mereka mengaku sudah terbiasa akan keadaan ini. Sedikitpun rasa khawatir juga tak terlintas dalam benak pikiran masyarakat setempat.

"Warga sana menganggap kalau banjir dari luapan sungai Bengawan Solo karena musim penghujan adalah berkah, bukan musibah," imbuh Taufiq.

Lelaki yang merupakan warga Kecamatan Rengel itu menjelaskan lagi, dikatakan berkah dalam banjir karena warga masyarakat setempat percaya bahwa selepas banjir berlalu dan surut, sudah pasti akan membuat lebih subur tanah berikut tanaman utama warga, yaitu padi.

"Ada banjir di sini kita gak apa-apa Pak, malah nanti pertanian kita bagus," katanya menirukan penjelasan warga Tambakrejo yang punya anggapan banjir bukan musibah, namum berkah.

Selain mindset yang positif, warga setempat juga telah mempersiapkan segala sesuatu ketika banjir mulai mengintip. Disamping itu, BPBD juga menanamkan komunikasi kepada masyarakat dan Pemdes setempat, jikalau ada perihal genting nan darurat yang perlu ditangani oleh tim BPBD. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : banjir, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more